Kanal Beku Amsterdam dan Belajar Vintage

Agnes Tri Harjaningrum
Agnes Tri Harjaningrum
2 min readFeb 12, 2012

Baru tahun ini kanal di Amsterdam membeku selama hampir semingguan. Winter kali ini memang aneh. Salju baru datang awal February itu pun hanya satu hari yang tebel banget, tapi si salju bertahan lama, begitu juga dengan si dingin. Suhu berkisar antara -3 sampai -15 juga pernah, mungkin karena efek suhu dingin ekstrim di Eropa Timur.
Jadi aku ga menyia-nyiakan kesempatan langka ini, mana tahu ini winter terakhirku di Belanda, maka di Sabtu yang cerah dan dingin, aku pun segera berangkat ke kanal Keizergrach di Amsterdam. Sebetulnya hampir semua kanal beku, tapi yang lain dipecah-pecahkan oleh pemerintah, hanya kanal di Keizergrach ini yang dibiarkan membeku. Berhubung hari Sabtu, orang rame banget di kanal itu. Ada yang Cuma jalan-jalan dan foto-foto kaya kami, ada yang main skating juga. Sebetulnya kami sudah bawa sepatuice skating tapi berhubung dinginnya minta ampun dan aku juga ga bisa-bisa amat, hanya Lala yang turun.

Kesempatan main di kanal beku ini tentu saja aku jadikan ajang hunting foto juga, event langka jeh, ga boleh lah dilewatkan. Satu tips kalo motret salju itu harus diset overexposure. Dan hasil foto-foto hari ini sebetulnya lumayan, tapi koq aku bosen ya mengolah itu-itu aja, pengen nambah skill baru. Dari dulu aku penasaran banget sama yang namanya vintage. Berhubung lagi suntuk pusing belajar mulu bari jeung ga pinter-pinter, akhirnya buat refreshing aku belajar lah carq mengedit foto supaya dapet vintage effect, dan ternyata tak sesusah yang dibayangkan. Malik aja yang ngeliat tutor di youtube itu langsung bisa, malah lebih cepet hapal daripada aku. Dia ngetes bikin satu foto vintage dan berhasil, jan memang anak sekarang, cepet bener dah belajarnya kalo soal teknologi.

Aku tuh berterimakasih banget sama youtube, sekarang kalo belajar apa-apa ga usah kursus, tinggal cari aja di youtube. Dari dulu aku belajar apapun pake youtube, belajar masakan susah, belajar fotografi, belajar bahan kuliah juga dari youtube meskipun kadang ga semuanya ada. Kapan hari aku belajar lagi tentang ilmu faal, tentang Renin angiotensin system yang dulu pas kuliah S1 rasanya pusingnya minta ampun, begitu juga dengan immunology, dan ilmu phatofisiology lainnya. Tapi setelah ngubek-ngubek youtube, aku berhasil nemu dosen dari India yang ngajarnya ya ampuun speechless enak buanget. Alhasil belajarlah aku dari youtube untuk mereview ilmu-ilmu kuliah dulu dan jadi mudeng banget. Bersyukur banget juga karena dengan skill bahasa Inggris betul-betul membuka jalan untuk memudahkan belajar. Bahan berbahasa Inggris berterbaran di internet, tinggal dicari aja mana yang paling enak penyampaiannya. Menguasai bahasa Inggris tuh pokoknya penting banget buat membuka jendela ilmu.

Dan barusan aku belajar vintage juga dari youtube. Ini dia link yang menjelaskan dengan mudah disini

Ini link teori yang cukup mudah juga disini

Belajar vintage, mengeditnya dan ngeliat hasilnya, menyenangkan banget, betul-betul refreshing… Hasil foto vintage favoritku ada di album flickr belajar motret yang judulnya ‘A boat at a frozen canal’, suka banget karena hasilnya berasa vintage banget menurutku, ga tau ya kalo menurut pakar, maklum pemula hehe.

--

--