Apa itu “Mesa Optimizer”?

Enlik Lee
AI Safety Indonesia
1 min readDec 17, 2023

--

Diterjemahkan ke bahasa Indonesia dari artikel asli berbahasa Inggris “What are mesa-optimizer?” dari stampy.ai.

sumber gambar: intelligence.org

Machine learning digunakan untuk membuat program komputer untuk memecahkan masalah. Beberapa program yang dibuat dengan cara ini sangat sederhana, mampu memecahkan masalah spesifik yang dilatih untuk dipecahkan. Program lain yang dibuat dengan cara ini lebih canggih, pemecah masalah dengan sendirinya. Ketika proses pembelajaran mesin menghasilkan sebuah perangkat lunak yang merupakan pemecah masalah itu sendiri, kami menyebut pemecah masalah yang dibuat sebagai “mesa optimizer”.

Mesa” adalah bahasa Yunani yang berarti bagian dalam/dalam/di dalam. “Optimizer” adalah istilah untuk sesuatu yang memecahkan masalah. Jadi “mesa-optimizer” berarti sesuatu seperti “pemecah masalah di dalam”.

Dalam konteks ini, “pemecah masalah luar” adalah proses pembelajaran mesin yang menciptakan pengoptimal mesa.

Sebagai contoh, manusia dapat dianggap sebagai pengoptimal mesa evolusi. Evolusi adalah optimizer, yang menyempurnakan makhluk untuk kebugaran reproduksi. Sebagian besar makhluk memiliki program yang membantu mereka bertahan hidup dan bereproduksi, tetapi manusia mengembangkan kecerdasan, yang merupakan kekuatan optimisasi. Meskipun kecerdasan awalnya muncul sebagai solusi dari masalah optimasi evolusi, manusia sekarang menggunakan kecerdasan untuk mengoptimalkan tujuan mereka sendiri, terkadang dengan mengorbankan keberhasilan reproduksi.

--

--

Enlik Lee
AI Safety Indonesia

Lifelong learner, explorer, podcaster. I write in English and Indonesian. Homepage: enlik.tech