Pengalaman saya menjadi Volunteer Facebook Developer Circle Jakarta

Aisy Muhammad Rozsidhy
Aisy Rozsidhy
Published in
7 min readMay 5, 2018

Halo semua, Kali ini saya mau berbagi cerita pengalaman saya menjadi volunteer Facebook Developer Circle. Selain sibuk dengan pekerjaan, saya juga aktif di beberapa komunitas yang berhubungan dengan teknologi, terutama komunitas yang paling saya sukai dan saya paling aktif yaitu Facebook Developer Circle.

Mungkin saat kalian membaca artikel ini belum tahu Apa itu Facebook Developer Circle?

Facebook Developer Circle adalah komunitas yang di buat oleh Facebook untuk mengumpulkan para Developer untuk belajar, membangun link dan berkolaborasi dengan Developer lokal dengan menggunakan berbagai macam teknologi opensource.

Nah kebetulan saya menjadi Volunteer yang berada di kota Jakarta, di Indonesia sendiri juga sudah memiliki banyak komunitas Developer Circle yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Facebook Developer Circle juga mengadakan acara meetup setiap bulan-nya, kalau kalian ada di sekitar kota tersebut bisa lah mampir kesana, gak rugi kok, dapat ilmu dan bisa berkenalan dengan developer-developer yang senior juga atau kalau mau ketemu sama saya juga bisa kok (lol) saya pasti ada di meetup Jakarta, dan saya lebih menyukai kalau bisa langsung bertemu karena bisa berdiskusi langsung tentang teknologi.

Lalu bagaimana saya bisa mengenal komunitas ini? baca saja bagian bawah, karena ceritanya juga bakal panjang dan menarik :).

Awal saya Kenal Facebook Developer Circle

“meetup adalah salah satu cara saya untuk mengikuti trend teknologi” foto by Alejandro Escamilla on Unsplash

Pernah saya berpikir apakah ada teknologi yang dapat membuat aplikasi mobile hanya dengan menggunakan teknologi Web? ada memang, namun sayangnya kualitas aplikasi tersebut tidak bagus. Belum puas dengan hasil tersebut saya explore lagi dan ternyata ada teknologi yang stabil yaitu teknologi buatan Facebook yaitu React Native.

Saya mengenal teknologi tersebut saat menghadiri meetup di Digital Lounge (DILO)Malang karena saya memang asli kota Malang, kebetulan disitu saya dikenalkan di komunitasnya yaitu Facebook Developer Circle, Kota Malang menjadi Developer Circle pertama yang ada di Indonesia dan menjadi pelopor Developer Circle yang lain. Tentu saya mengikuti perkembangan komunitas tersebut dan saya juga hadir di acara yang diadakan oleh Facebook Developer Circle Malang. Sayang-nya baru dua kali pertemuan (kalau tidak salah terakhir Maret) saya harus hijrah ke Jakarta untuk berkarir disana.

Karena tertarik dan susah move on dengan komunitas tersebut, saya akhirnya mencari alternatif, Jakarta itu adalah kota besar setidaknya ada lah komunitas tersebut. Namun sayang saya tidak menemukan informasi atau komunitas Developer Circle di Jakarta, karena sempat cerita ke teman saya yang bernama Ertha, si Ertha memberikan informasi baik kepada saya, dan saya di beri link oleh dia yang mengerahkan saya seperti pendaftaran Developer Circle Jakarta.

Karena saat itu malam, saya tidak membaca dengan detail form apa itu, karena harapan saya ada kabar baik seperti ada group-nya langsung di group Facebook, dan beberapa minggu saya iseng saja cari Facebook Developer Circle Jakarta di pencarian dari Facebook, dan ternyata ada!! saya langsung bergabung tanpa pikir panjang karena harapan saya bisa mendapatkan komunitas aktif sesuai yang ada di Malang.

Terpilih-nya saya sebagai volunteer

Photo by rawpixel.com on Unsplash

Setelah bergabung, saya menantikan acara yang akan diadakan di Jakarta. Karena saya tahu bahwa di Jakarta komunitas Developer sangatlah kuat dan berkembang pesat, setidaknya saya bisa berkenalan dengan mereka.

Saya sempat posting perkenalan di grup, dan saya berkata kalau ingin menghadiri acara yang di kelola oleh Facebook Developer Circle Jakarta.

Namun saya mendapatkan informasi yang mengejutkan di postingan Facebook Developer Circle Jakarta, bahwa saya terpilih menjadi volunteer. Antara senang dan bingung dan sering melihat postingan untuk memastikan bahwa itu nyata atau tidak dan baru percaya setelah saya masuk ke dalam grup chat Whatsapp.

Dan saya tanya kepada Ertha yg memberikan informasi soal link yg pernah isi, bahwa form itu adalah form untuk pendaftaran volunteer. Ya entah itu nasib atau tidak saya harap dengan pengalaman saya tentu saya berharap bisa berkontribusi besar di komunitas Developer Circle Jakarta.

Meetup pertama dengan volunteers

meetup pertama dengan tema-teman volunteers

Setelah bergabung, kita mengadakan meetup, lokasi dan waktu sudah di tentukan dan kita siap bertemu, namun bagi saya ada perasaan sungkan dengan teman-teman Volunteer lain, mengingat saya orang yang masih baru di Jakarta dan baru lulus kuliah dan belum bekerja.

Kesan bertemu dan berkenalan cukup menarik karena teman-teman Volunteer memiliki latar belakang yang berbeda-beda, saya senang dengan keramahan yang mereka tunjukkan, ditambah lagi kita memiliki leaders yang keren-keren, otomatis mereka jadi panuta saya semua.

karena meetup kita sambil makan, jadi semua terasa nikmat, sambil makan kita berdiskusi bagaimana untuk acara yang kita adakan pertama kali di Jakarta.

Aktif di komunitas dan kegiatan

foto event pertama kita di Jakarta

Event pertama kita adalah pembukaan dan peresmian Facebook Developer Circle Jakarta berlokasi di gedung Multimedia di menteng. Tentu karena acara pertama pasti akan menjadi ramai karena ketertarikan Developer untuk bergabung ke dalam komunitas ini. Saya sendiri juga senang melihat teman-teman yang ikut acara ini, ada kebahagiaan tersendiri untuk saya.

Dan sekarang sudah 8 acara kita laksanakan, tidak terasa juga karena dukungan dan rasa kekeluargaan yang saya dapatkan di Facebook Developer Circle, semua acara alhamdulillah berjalan dengan lancar, semua saling menutupi kesalahan, karena kita juga ingin teman-teman komunitas aktif dan sering mengikuti acara yang kami buat :)

Banyak mendapatkan link dan teman baru

Saya bersama teman-teman volunterrs, leader dan ibu kami

Karena komunitas ini termasuk besar, saya akhirnya juga berkenalan dengan beberapa Developer yang selalu berbagi kisah mereka di blog pribadi ataupun share source code maupun hasil riset mereka. Saya kenal dengan salah satu volunteers, dia yang pertama kali saya ajak ngobrol sebagai sesama volunteers, dia lulusan SMK dan kemampuannya melebihi saya, dan dari situlah saya sering mengajak dia ngobrol karena wawasan dia lebih luas daripada saya. Dan saya sempat berkenalan dengan beberapa senior Software Engineer dari startup-startup baik yang terkenal, sedang berkembang maupun baru, dan mereka juga terbuka dengan saya. Belum lagi saya juga sering berbincang-bincang dengan pemateri juga, agar mendapatkan koneksi juga dan bagi saya ini merupakan salah satu keuntungan yang saya dapat dari Facebook Developer Circle.

Mendapatkan Pekerjaan karena mengikuti teknologi dari Facebook

Yah diatas saya menyebutkan kalau saya masih pengangguran, setelah dua kali Facebook mengadakan acara, saya terpanggil oleh salah satu perusahaan property di negara Singapura, dan mereka menawarkan salary yang cukup menarik bagi saya (hahaha), Dan saya mengikuti test yang diberikan, setelah lolos, saya di panggil ke kantor sana untuk mengikuti interview, di interview saya mengatakan kalau saya pernah melakukan riset menggunakan React native, dan saya menyebutkan mengetahui kalau saya mengetahui teknologi tersebut karena forum yang saya ikuti, sayang saya tidak sempat menyebut Facebook Developer Circle, karena saya tidak ingin begitu menonjol saat interview, dari situ saya juga menceritakan pengalaman saya sebagai volunteers di Facebook Developer Circle, namun tidak menyebut namanya.

Setelah selesai dari interview saya langsung turun ke mall (maklum kantor ada di mall lantai atas :D), saya langsung cari makan, karena saat interview saya juga di test juga, jadi butuh tenaga (hahaha, tipe-tipe programmer yang lemot mikir klo gak nyemil atau perut terisi, semakin berat bebannya semakin banyak makannya). Dan besoknya saya kaget karena dapat kabar kalau saya di terima di sana sebagai software engineer (yeay), jadi ada keuntungan juga kalau saya mengikuti perkembangan teknologi, khususnya teknologi dari Perusahaan besar, salah satunya adalah Facebook dan bagi saya ini merupakan salah satu keuntungan yang saya dapat dari Facebook Developer Circle.

Berbicara di depan publik dengan banyak orang

“berbicara di depan pubik gak semudah itu” foto by Richie Lugo on Unsplash

Saya mengakui kalau saya adalah orang yang introvert saat berkenalan dengan orang baru, anggap saja saya memberikan wilayah kepada orang yang saya kenal, ada yang dekat, dekat banget dan lain sebagainya. Dari situ saya juga sering mendapat masukan dari leader Facebook Developer Circle kalau harus merubah sikap saya seperti itu, Syukurlah teman-teman volunteers juga support saya dengan meyakinkan diri saya untuk berubah ditambah (ehem) dari calon saya di Malang, jadinya saya sekarang sudah banyak berubah (kalau gak percaya tanya saja junior saya di kampus).

Nah karena ingin berubah, dan juga ingin mengisi materi seminar, saya di tawari oleh salah satu leader Facebook Developer Circle untuk mengisi perkenalan Facebook Developer Circle di acara Facebook dengan tema “Mobile Native or React Native” di go-jek HQ. Dikarenakan tema yang di usung ini menarik beberapa Developer mobile dan juga Front-end, peserta otomatis jadi banyak, dan ini pertama kalinya juga berbicara di depan orang sebanyak itu, Setelah berbicara saya jadi ketagihan lagi untuk mengisi perkenalan. Dengan harapan itu saya juga bisa merubah kebiasaan saya untuk terbuka dengan banyak orang, dan bagi saya ini merupakan salah satu keuntungan yang saya dapat dari Facebook Developer Circle .

Makan, Makan dan Makan

Photo by Rachel Park on Unsplash

Kalau diakui, saya semakin gemuk di Jakarta ini. Berat badan saya naik 7–8 kg, hal ini karena setiap sebelum atau seduah event kita selalu mengadakan meetup untuk membahas acara selanjutnya tentunya tempat meetup kita ada di tempat makan, jadinya selagi bahas topik acara, kita juga menikmati makan-makan dengan nikmat, dan bagi saya ini merupakan salah satu keuntungan yang saya dapat dari Facebook Developer Circle :D.

Kesimpulan

Saya mengakui saya bersyukur dan senang sekali bisa bergabung ke Facebook Developer Circle Jakarta. Banyak hal positif yang saya dapatkan di forum ini seperti yang saya sebutkan diatas, sebetulnya masih banyak lagi yang ingin saya ceritakan, namun kalau saya ceritakan semua bisa-bisa jadi cerita novel, jadi biarkan saya menikmati waktu ini, suatu saat saya juga akan bercerita lagi kok. Yang jelas saya bisa berubah menjadi lebih terbuka dengan orang lain dan saya bisa berkembang dengan menjadi lebih baik lagi.

Jika ada pembaca yang sudah membaca tulisan ini belum bergabung dengan Facebook Developer Circle di daerah masing-masing, saya sarankan untuk segera bergabung, siapa tahu juga kalian bisa berubah lebih baik lagi.

oke, nantikan hasil riset, cerita dan tutorial dari saya ciaoo.

--

--