[Sharing] Aplikasi dan tools yang saya gunakan untuk development di Windows

Aisy Muhammad Rozsidhy
Aisy Rozsidhy
Published in
3 min readDec 16, 2017
  1. Cmder
    Cmder adalah salah satu aplikasi command line terbaik yang saya pernah gunakan di Windows, mengingat default terminal windows yaitu command prompt sendiri tidak bisa digunakan untuk mengelola git dan beberapa perintah UNIX, maka cmder adalah aplikasi yang saya rekomendasikan apabila anda bermain dengan command line. aplikasi cmder bisa di download disini
  2. Visual Studio Code
    Cari editor paling ringan dan bisa di rubah sesuai dengan keinginan? maka Visual Studio code adalah jawaban-nya. Karena namanya hampir sama dengan IDE Visual studio jadi banyak orang yang mengira sama, Visual studio code ini dirancang untuk jadi text-editor bukan IDE sendiri. Fitur Visual Studio code sangat kaya, salah satu yang saya sukai adalah teringerasi dengan git, selain itu extensi yang tersedia juga banyak. aplikasi Visual Studio code bisa di download disini
  3. Nodejs
    karena saya sedag migrasi ke javascript tentu nodejs menjadi senjata utama. Saya sangat menyukai nodejs ini, terlebih lagi bisa mendownload packgae dan module untuk menunjang kerja saya, dan tentunya banyak hal lain yang bisa di download melalui aplikasi ini. aplikasi Nodejs bisa di download disini
  4. Office 365 + Onedrive
    Bahkan meski saya menjadi programmer, saya membutuhkan aplikasi untuk mengelola dokumentasi dan presentasi di depan rekan-rekan saya. Selain itu saya juga membutuhkan cloud Sebagai media alternatif saya, karena dokumen penting saya selalu berada di cloud. harga yg dipasang lumayan untuk saya, terlebih saya langganan dengan 5 orang, jadi masing-masing orang dapat 1TB dengan harga 129 ribu melalui apps store di Android lebih murah sebetulnya. Untuk Berlangganan bisa melalui Apps store, maupun Playstore.
  5. Google Chrome
    Ini browser default dan pastinya di install untuk kebutuhan browsing, namun untuk developer javascript google adalah pilihan terbaik karena Developer tools yang disediakan lengkap dan menunjang saya. (gak ush kasih link download, awal kalian install ulang laptop pasti cari chrome juga).
  6. Skype
    Ini aplikasi favorit saya semenjak saya SMK, waktu itu juga belum banyak yg menggunakan karena jaman dulu internet adalah fasilitas yg cukup mahal. Aplikasi ini mengijinkan kita untuk berkomunikasi, tim saya menggunakan ini untuk berkolaborasi, dan beberapa perusahaan menggunakan ini juga, selain itu saya menggunakan ini juga karena saya untuk berkomunikasi dengan calon istri saya(eeh) untuk Windows 10 skype sudah tersedia di Windows Store (skrng jadi Microsoft Store).
  7. Trello
    Untuk mengatur pembagian kerja, saya menggunakan trello. aplikasi ini sangat lengkap fiturnya dan sama seperti papan kerja yg ada di kantor, kita tinggal memilah job pekerjaan yang sudah selesai dan belum. Aplikasi Trello hanya tersedia di Windows dan App Store, untuk yg OS tidak tersedia bisa menggunakan yang versi Web. untuk Windows 10 Trello sudah tersedia di Windows Store (skrng jadi Microsoft Store).
  8. Slack
    ingin bisa berhubungan atau membuat sebuah kelompok tim dengan rekan-rekan? saya merekomendasikan aplikasi ini sebagai pilihan bahkan untuk membentuk tim, aplikasi ini sangat membantu banyak, karena slack teringerasi dengan layanan git dan juga trello, jadi untuk aktivitas dan perubahan yang terjadi pada git ataupun trello bisa di lihat disana, kita juga bisa berbagi file coding yang kita kerjakan. untuk Windows 10 Slack sudah tersedia di Windows Store (skrng jadi Microsoft Store).

Saya rasa cukup itu dulu, harapannya teman-teman yang membaca tulisan ini bisa tahu kebutuhan saya dan tools apa yang sering saya gunakan. kalau ada pertanyaan silahkan saja kontak saya melalui facebook.

--

--