[Tutorial] Mempercantik bash Linux/OSX dengan ZSH, Powerline dan Tmux

Aisy Muhammad Rozsidhy
Aisy Rozsidhy
Published in
3 min readApr 4, 2018

Kebutuhan saya untuk menulis script sekarang kebanyakan menggunakan terminal, namun ada rasa bosan jika harus menggunakan tampilan bash yang secara defaultnya menggunakan dua warna, mengganti warna lain juga tidak memberikan hasil yang memuaskan. Sempat main ke sebuah forum dan komunitas dan tidak sengaja melihat teman-teman menggunakan tampilan terminal yang berbeda dengan yang biasa saya gunakan, dari tampilan mereka kebanyakan sudah teringerasi dengan git, bahkan mengetahui status git, nah karena kebutuhan saya main di terminal karena penasaran saya mencari sendiri dan ternyata saya menemukan bagaimana cara bisa mendapatkan tampilan tersebut dengan menggunakan bash alternatif yaitu ZSH, haha.

Nah karena saya menggunakan 3 OS juga yaitu Windows, Linux dan OSX. ZSH itu adalah bash, maka Windows tidak dapat menggunakan ZSH, namun jangan khawatir kok karena bakal ada dua alternatif yang akan saya kasih jalan keluarnya di tulisan berikutnya. Sedangkan Tmux adalah aplikasi yang digunakan untuk membagi terminal menjadi beberapa bagian dalam satu windows saja, cara ini lebih enak daripada saya harus membuka beberapa tab saja saat kita mau mengeksekusi beberapa perintah command line dengan terminal yang berbeda.

Saya sudah menemukan setting yang sangat bagus dan nyaman dalam versi pribadi saya, dan terima kasih juga untuk teman saya Kevin Hermawan yang merekomendasikan beberapa setting dan menghasilkan tampilan seperti ini :

Untuk Zsh saya mendapatkan fitur :

  • mengetahui status git
  • struktur folder lebih jelas
  • tampilan lebih bagus apalagi jika monitor menggunakan monitor HD atau 4K

Untuk Tmux saya mendapatkan fitur :

  • Bisa pindah terminal dengan menggunakan pointer mouse
  • Layout bawah terminal lebih bagus dan menampilkan beberapa status seperti : Tanggal, jam dan user pengguna
  • Status / highlight lokasi terminal saat menggunakan multi terminal tampilannya lebih bagus

Nah karena kebutuhan setiap orang berbeda, maka saya tidak menganjurkan kalau setting saya adalah terbaik, silahkan bereksperimen sendiri dengan kebutuhan pribadi

Instalasi ZSH

Nah untuk installasi zsh bisa menggunakan perintah ini :

//perintah untuk linux
sudo apt-get install zsh
//perintah untuk OSX
brew install zsh

Kemudian pasang framework Oh-My-ZSH, agar setting lebih optimal

//default
curl -L https://github.com/robbyrussell/oh-my-zsh/raw/master/tools/install.sh | sh
//alternatif
sh -c "$(curl -fsSL https://raw.github.com/robbyrussell/oh-my-zsh/master/tools/install.sh)"

Setelah itu buka setting zshrc dengan editor (saya menggunakan Visual Studio Code):

//dengan menggunakan Visual studio code
code ~/.zshrc
//dengan mennggunakan nano
nano ~/.zshrc

Saya sarankan ubah beberapa script dulu

// mengubah tema, ingat ini cuma di rubah
ZSH_THEME="agnoster"

ini optional untuk menghilangkan hostname di terminal bisa menambahkan perintah baru di bawah sendiri “

// menghilangkan hostname
prompt_context () { }

Jangan lupa di simpan, lalu lanjut untuk membuat zsh menjadi default bash, bisa mengubah file config bash :

//perintah untuk membuka config bash
nano ~/.bashrc
//letakkan perintah ini di bawah sendiri
exec zsh

Instalasi Font Powerline

Nah instalasi ZSH telah selesai, namun memiliki masalah yaitu tampilan yang di hasilkan masih belum sesuai dengan tampilan seharusnya hal ini karena font yang digunakan pada terminal belum terinstall.

Bisa menggunakan font powerline, untuk instalasi saya bisa menggunakan perintah di bawah ini :

//clone dari font, seklaigus buat folder fonts 
git clone https://github.com/powerline/fonts.git --depth=1
//install fonts di OSX/Linux
cd fonts
./install.sh
//hapus dir fonts yang di buat sebelumnya
cd ..
rm -rf fonts

dan apabila tampilan masih jelek atau kurang bagus, bisa menggunakan font Menlo Powerline sebagai tambahan.

untuk pemasangan klik saja preference di masing-masing terminal, kebetulan saya menggunakan Iterm2, dan ubah font sesuai kebutuhan dari teman-teman saja.

Instalasi Tmux

untuk install tmux bisa menggunakan perintah :

//perintah untuk linux
sudo apt-get install tmux
//perintah untuk OSX
brew install tmux

Setelah terinstall, buka konfigurasi tmux dengan perintah :

//perintah untuk mengedit dengan editor nano
nano ~/.tmux.conf
//perintah untuk mengedit dengan visual studio code
code ~/.tmux.conf

isi file settingan tersebuh masih kosong, kita isi saja dengan script yang saya buat :

Nah agar secara default TMUX terbuka secara otomatis saat ZSH berjalan, perlu di tambah script di bawah ini :

// buka zshrc
nano ~/.zshrc
// tambahkan script ini dibawah ini untuk menjalankan TMUX di awal
if [ "$TMUX" = "" ]; then tmux; fi

Apabila setelah setting tidak muncul perubahan segera saja restart Laptopnya, setelah ada temen-temen yang mencoba dan akhirnya mencoba sendiri akhirnya dibutuhkan restart, setelah restart anda akan mendapatkan hasilnya.

Yah, itu saja dari saya, semoga dengan setting saya dan Kevin bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian. mungkin ada yang mau kasih setting yang bagus ke saya agar saya di terminal lebih produktif :)

--

--