[Tutorial] Mengubah Title Bar dan menu Visual Studio Code menjadi cantik di OS Windows

Aisy Muhammad Rozsidhy
Aisy Rozsidhy
Published in
3 min readSep 25, 2018
Picture by Fotis Fotopoulos on Unsplash

Semenjak dua tahun saya menggunakan Visual studio code atau pendeknya Vscode, ada beberapa masalah dan beberapa bug yang ada di editor tersebut. Namun itu masih dalam batas wajar, karena saya masih bisa bekerja dengan editor tersebut tanpa adanya masalah teknis, kalaupun adapun biasanya versi selanjutnya langsung memperbaiki permasalahan tersebut dan karena sudah terbiasa menggunakan Windows secara lama maka saya tidak mengeluhkan masalah desain Vscode pada saat itu hal ini karena saya menganggap desain aplikasi di Vscode sudah umum seperti aplikasi native-nya Windows yang seperti aplikasi dialog box VB.NET.

Pandangan tersebut berubah karena saya sempat menggunakan OSX untuk bekerja, saya merasa tampilan Vscode yang ada di Windows ini jauh dari kata “bagus” dan “menarik” jika di bandingkan dengan OSX. Namun baru-baru ini muncul update baru dan merupakan harapan yang baik untuk pengguna Windows dan linux user, bahwa mereka bisa mengganti tampilan title bar dan menu bar yang ada di Windows dengan mengubah sedikit settingan.

Tampilan Vscode benar-benar seperti aplikasi Desktop yang dibuat dari VB.NET

Caranya sebetulnya cukup mudah kok, namun ada hal yang perlu diperhatikan sebelum mengubah setting untuk menjadi lebih modern yaitu versi Vscode yang digunakan adalah versi 1.27.2,

jadi jika belum update saya sarankan untuk mengupdate terlebih dahulu. Sudah update? maka silahkan ikuti tutorial di bawah ini :

Langkah pertama buka Vscode, lalu masuk ke setting dengan menekan tombol icon di bawah yang ada di pojok kiri bawah

Menu setting yang ada di pojok kiri bawah Vscode

Di setting terdapat searchbar untuk membantu kalian mencari dan menemukan setting yang terdapat di Vscode ini. Silahkan ketikkan “Windows title” dan akan muncul beberapa result setting, namun kita akan fokus ke bagian title bar, silahkan saja rubah title bar tersebut yang value awalnya adalah “native” menjadi “custom”.

Hasil result setting dan menu ubah pada Title bar pada Vscode,

kemudian muncul dialog box yang akan meminta kalian untuk meng-restart Vscode tsb.

Restart dan viola!! tampilan Vscode menjadi lebih bagus di Windows

Tampilan baru setelah melakukan settingan. Terlihat lebih modern bukan?

Dan tidak cuma pada title bar juga, hal lain seperti setting dan warna tema lainnya juga berubah seperti menu setting

Warna background juga berubah

Kalau mau kembali kaya tampilan biasa bagaimana donk? Ya jika ingin mengembalikan ke awal juga melakukan hal yang sama. Tinggal merubah setting “Windows title” menjadi “native”.

Yaah itu saja tutorial sederhana saya, saya harapkan dengan tutorial singkat ini bisa membantu teman-teman untuk developing di Windows. Tunggu tulisan, tutorial, dan cerita saya. Ciaooo.

--

--