Angry Birds Si Penyampai Edukasi

Dita Sabariah
Aksaranara
Published in
3 min readAug 31, 2024
Attaya dan Buku National Geographic Kids Angry Birds Playground Atlas

Pertama kali saya mengoleksi buku-buku anak ketika anak saya, Attaya, menginjak usia 2 tahun — 5 tahun yang lalu. Saat itu, saya mulai mencicil buku anak dengan berbagai topik. Acara-acara pameran buku tahunan seperti Big Bad Wolf pun rutin saya kunjungi hingga saat ini.

Sering kali saya tergoda untuk memiliki buku-buku yang menurut saya bagus, baik secara fisik maupun isi. Walaupun belum sesuai dengan usia Attaya saat itu, saya tetep kekeuh membelinya. Toh, bisa dibaca nanti ketika ia lebih besar. Salah satu buku yang membuat saya tergoda adalah buku-buku National Geographic Kids. Kalau boleh jujur, sebenarnya saya yang lebih tergoda ingin memiliki buku-buku tersebut.

Salah satu buku terbitan National Geographic yang saya miliki adalah National Geographic Kids Angry Birds. Buku ini memiliki beberapa judul, tetapi saya akan mereviu National Geographic Kids Angry Birds Playground Atlas pada tulisan ini.

Angry Birds menjadi tokoh sekaligus penyampai informasi dalam buku ini. Buku ini bukan hanya memaparkan informasi, tetapi juga membangun cerita melalui tokohnya. Buku ini ditulis oleh Elizabeth Carney dan diterbitkan tahun 2014. Jumlah halamannya sebanyak 128 dengan sampul hardcover yang kokoh.

National Geographic Kids Angry Birds Playground Atlas adalah buku yang dirancang untuk menggabungkan elemen edukasi dari National Geographic dengan keseruan dan daya tarik karakter Angry Birds. Karena ditujukan untuk anak-anak, buku ini menawarkan petualangan interaktif yang dapat mengajak pembaca muda untuk menjelajahi dunia melalui peta, gambar, dan fakta-fakta menarik.

Buku ini membawa pembaca dalam perjalanan yang menyenangkan bersama karakter Angry Birds untuk menjelajahi berbagai lokasi di seluruh dunia. Setiap bab menampilkan tempat-tempat menarik seperti hutan hujan Amazon, Gurun Sahara, dan Kutub Utara, serta memberikan informasi mendalam tentang flora, fauna, dan budaya setempat. Dengan ilustrasi yang cerah dan penuh warna, buku ini menjadikan geografi menyenangkan dan mudah diakses bagi anak-anak.

Hingga kini, saat Attaya berusia 7 tahun, buku ini menjadi salah satu favoritnya. Ketika membaca buku sebelum tidur, buku ini sering ia pilih untuk dibacakan. Jika saat balita ia fokus pada gambar-gambar, sekarang ia sudah mulai memahami informasi yang ada di dalamnya.

Visual yang penuh warna dan atraktif menjadi salah satu daya tarik. Buku ini bukan hanya menyajikan informasi, melainkan juga percakapan yang menarik di antara tokoh-tokohnya sebagai selingan. Selain itu, informasi geografis disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif karena terdapat peta, gambar, dan fakta menarik. Buku ini juga dapat menjadi pengantar tentang budaya global karena memperkenalkan anak-anak pada beragam budaya dan lingkungan di seluruh dunia dengan cara yang menyenangkan.

Di antara kelebihan-kelebihan di atas, terdapat kekurangan dalam buku ini. Karena terdapat banyak elemen hiburan, terkadang anak menjadi tidak fokus terhadap informasi utama yang disampaikan. Selain itu, beberapa aspek geografis hanya dibahas secara permukaan saja untuk menjaga minat anak-anak.

National Geographic Kids Angry Birds Playground Atlas adalah buku yang berhasil menggabungkan elemen pendidikan dan hiburan dengan efektif. Dengan visual yang menarik dan informasi yang disajikan secara menyenangkan, buku ini menjadi alat yang bagus untuk memperkenalkan anak-anak pada geografi dan budaya dunia.

--

--