3 Pendekatan yang Saya Lakukan untuk Memilih Bisnis yang akan Dijalani

WM
alkatiri
Published in
2 min readJul 5, 2018

Oke ada 3 cara untuk paling tidak memilih saya mau bisnis di bidang apa

Pertama, perhatikan 4 sumber daya yang dimiliki
Knowledge : Saya ada knowledge di bidang IT dan pengetahuan dasar marketing online

skill : dengan skill utama membuat website sederhana menggunakan CMS

Network : saya punya akses ke beberapa pengusaha di kota saya dan juga komunitas pebisnis.

Capital : Untuk yang ini jelas kita hanya punya 10jt, jadi kita hapus dulu :D

Kedua, Mulai dari passion
Bisa dibilang sampai hari ini saya yang bosenan ini masing bingung passion nya sebenarnya apa.

Adapun hal-hal yang membuat saya lupa akan waktu kalau gak tidur ya main PS. Keduanya sama-sama gak produktif

tapi kalau mungkin boleh, saya sangat suka travelling. Di jaman ini traveller bisa dapat uang dari blogging atau hasil footage baik berupa video ataupun gambar.

Tapi saat saya mengunjungi tempat-tempat yang baru, lebih pengen menikmati keindahan yang ada daripada menyibukan diri untuk mengambil foto maupun video. So, mungkin ini bukan start yang baik bagi saya.

Ketiga, Mulai Darimana saja Asalkan Halal & Menghasilkan
Nah, mungkin yang paling simple adalah yang ke 3 ini. Oleh karena itu saya mau cari mentor dimana pada tahap awal kita akan bantu untuk menjual produk mereka.

Bersyukurlah di dunia online ini ada beberapa orang yang dengan senang hati mengajarkan cara mendapatkan pendapatan di internet dengan catatan menjadi reseller mereka.

Saya sudah menyaring beberapa orang, diantaranya

  • Agung Hari Prabowo (AHP), dropshipper lokal dan internasional. Sudah mulai membangun tim dan brand-nya sendiri
  • Ilham Taufiq (IT), salah satu pemain lama, guru dari guru pemain FB ads di Indonesia
  • Christina Lee (CL), owner red101. Importir aksesoris wanita.
  • Bayu Kuswara Hartono (BKH), pemilik jaringan ABE Online.
  • Denny Santoso (DS), as far as I know, I think he is number one Digital Marketer in Indonesia. Punya channel pembelajaran online, membangun Brand sendiri dan mindset nya bagus.
  • Dodiana Kusuma (DK), yang ini pengetahuan saya benar-benar 0. Just feeling aja, saya suka beliau secara pribadi karena gak terlalu show off aja.

Yang pasti kelimanya saya pilih karena alasan terpenting yaitu humble dan sudah proven di bidangnya masing-masing. Walau kita juga tahu bahwasannya kita gak akan ngerti watak sesungguhnya seseorang kecuali setelah kita melakukan 2 hal dengan mereka, yaitu berniaga bersama (urusan dengan uang) atau perjalanan jauh bersama.

Oleh karena itu dalam waktu dekat saya akan mulai menghubungi masing-masing baik lewat social media ataupun membeli layanan mereka.

Dan sambil menunggu, mungkin saya akan mulai apa yang ada dulu, kalau melihat poin pertama kemungkinan saya bisa menjual jasa pembuatan website dulu sebelum akhirnya fokus dengan mentor saya.

--

--