Kenapa Saya ‘Begitu Bodoh’ untuk Melalukan Hal ini

WM
alkatiri
Published in
2 min readJul 2, 2018

Oke, beberapa dari kalian mungkin akan bertanya

Ngapain uda punya bisnis kok mempersulit diri sendiri dengan ngelakuin studi kasus seperti ini? Apa malah gak buang-buang waktu?

Kenapa gak di fokuskan aja bisnis uang sekarang?

Etc…

Pertama, Saya Tetap Fokus

Fokus dibisnis utama namun hanya di jam kerja yaitu eight to four…

Selama 3 tahun saya sudah mengerjakan siang dan malam, namun tahun ini saya ingin membuat sesuatu yang baru.

Beside of that, saya juga membuat dokumentasi bisnis utama bagimana cara mengembangkan bisnis 10x lipat.

tapi tentu di level yang berbeda dan saya tidak tahu kapan akan saya publish.

Kedua, Ada yang Salah dengan Bisnis Full Online

Saat mempelajari ilmu tentang muammalah lebih dalam, saya menyadari bahwa ada beberapa income stream yang saya peroleh kurang memenuhi Syarat sebuah transaksi dalam Islam. Oleh karena itu (dengan berat hati) saya mulai melepas satu per satu income stream yang saya rasa ‘abu-abu’.

Oleh karena itu dulu cara main saya adalah dengan ‘bakar duit’.

Uang yang saya dapatkan dari bisnis satu saya investasikan ke bisnis online lain yang belum proven.

Akibatnya yang terjadi adalah tidak sering saya boncos (baca : rugi)

Tapi ya nothing to lose karena itu tadi, uang yang saya bakar adalah uang ‘abu-abu’

Tapi biasanya kalau sekali berhasil bisa menutup biaya boncos berkali-kali.

Tapi ya begitulah uang abu-abu, cepat didapatkan, cepat juga hilangnya.

Sampai saat itu saya hanya merasa bahwasanya saya merasa ‘beruntung’ jika dibandingkan antara hasil dan effort dan pengetahuan yang saya miliki.

Sampai disebuah kesempatan saya berpikir. Andai waktu di putar dan saya berbisnis yang bener mulai awal, apa yang akan saya lakukan?

Apa yang saya lakukan jika tidak banyak uang yang bisa dibakar?

Apa yang saya lakukan jika hanya sedikit modal yang saya miliki?

Bagaimana jika saya adalah seorang yang benar-benar baru di dunia internet?

Ada satu hal di dalam hati ini yang bahkan gak percaya apakah saya bisa melakukan nya atau tidak.

So, ini yang jadi tantangan saya saat ini. Memikirkannya ada rasa takut dan bersemangat menjadi satu.

Ketiga, I’m Enjoy it…

Ini adalah perasaan yang tidak bisa diterangkan dengan kata-kata.

Saya selalu menyukai hal-hal yang batu, apalagi yang masih jarang dilakukan oleh orang lain.

Memiliki manfaat yang jelas buat diri saya sendiri dan juga orang lain yang membacanya :)

--

--