WM
alkatiri
Published in
2 min readJul 4, 2018

--

Tahap Pertama, Mengukur!

Oke dengan tabungan 10 jt dan gaji 3,5 jt per bulan, bagaimana saya bisa meraih dream saya?

Oke gaji di atas itu sebenarnya gak akan ada sisanya kalau pakai standar pengeluaran saya seperti biasanya

So, hal pertama yang akan saya lakukan adalah memfilter dan memangkas biaya operasional yang gak perlu. Nanti saya bakal share berapa sisa dari gaji yang bisa saya pakai untuk memulai usaha yang lain.

(Anyway sampai saat ini saya masih belum ngobrol sama keluarga terkait study case ini)

Setelah saya yg tahu modal bersih yang bisa saya gunakan nanti langkah berikutnya adalah

Menentukan target

  • Galaxy S9 : 10jt
  • Upgrading : 10jt
  • Penghasilan : 100 jt
  • Motor : 5jt
  • Hijrah 5 kota : 25jt
  • Trip keluarga MLY SGP THI 25jt
  • Umroh Keluarga : 75jt

Total 250jt (realita pendapatan 42jt)

Berarti untuk mencapai dream saya tahun ini membutuhkan 6x lipat dari pendapatan bulan saat ini atau sekitar 21jt/bln

Woke, sampai sini in Shaa Allah sudah clear ya target keuangan saya

Bisnis apa?

Normally saya tahu beberapa pilihan bisnis yang mungkin bisa mengantarkan kita ke pendapatan di atas.

Tapi saya ingat dulu saat memulai Bisnis, gak mudah untuk menentukannya

So, bilang aja saat ini saya masih bingung untuk menentukan mau usaha apa

Mencari Mentor

6x lipat dari pendapatan bulanan dalam satu tahun itu bukan angka yang kecil bagi pemula, oleh karena itu salah satu cara tercepat adalah mendapatkan seorang mentor.

Doa & Ikhtiar Sungguh-Sungguh

Seberapa keras pun kita mencoba, seberapa besar pengorbanan tenaga dan waktu yang kita keluarkan ndak akan bisa kita capai keinginan kita tanpa Ridho Allah SWT

Oleh karena itu apa yang bisa kita lakukan adalah memantaskan diri, meminta dengan ikhlas dan berusaha semaksimal mungkin.

--

--