Setelah satu tahun, ini yang membuat product manager SPESIAL..!

Mozaze Sanora Putra
Mozaze Sanora
Published in
2 min readAug 22, 2023

Satu tahun setelah bekerja di bidang product development, saya akhirnya menyadari bahwa posisi Product Manager adalah posisi yang spesial

Tanpa mendiskreditkan posisi lain, terutama posisi project manager yang akan saya sebut di tulisan ini. Bahwa tulisan ini dibuat berdasarkan dari pengalaman pribadi saya sendiri. Sebelum di posisi product manager, saya bekerja sebagai project manager. Sampai kemudian mendapatkan kesempatan baru untuk berada di posisi yang menurut saya lebih menantang.

Kata SPESIAL disini di maksudkan pada pengalaman yang saya dapatkan sehingga membuat saya merasa lebih memahami apa itu software development.

Posisi product manager, memiliki beberapa tanggung jawab. Berdasarkan dengan pengalaman yang saya dapatkan bahwa, seorang product manager memiliki tanggung jawab terhadap produk yang sedang dikembangkan.

Tapi, bukan cuma disaat pada produk tersebut di kembangkan. Bahkan sampai produk tersebut sudah di gunakan oleh user hingga mendapatkan feedback dari pengguna produk tersebut.

Product manager ini adalah sebuah posisi dimana satu orang, dapat bekerja dengan berbagai kelompok orang yang berada di divisi yang berbeda-beda. Bukan hanya dengan engineer sebagai orang yang bertanggung jawab masalah teknologi, tapi juga dengan divis lain seperti tim marketing, tim sales dan lain-lain.

Dalam proses pengembangan sebuah produk, semua pihak memang ikut terlibat. Karena produk ini merupakan representasi value (nilai) dari bisnis yang di tawarkan kepada customer (user) sehingga semua pihak wajib memiliki peran dan saling bertanggung jawab.

Semua pengalaman yang saya dapatkan selama setahun memang berbeda sekali dengan pengalaman pada posisi sebelumnya dimana saya bekerja sebagai project manager. Di posisi project manager, tanggung jawab utama saya adalah untuk memastikan bahwa proyek yang sedang di laksanakan tidak akan lebih dari waktu dan budget (biaya) yang sudah di sepakati.

Poin ini yang menurut saya membedakan antara product manager dan project manager, bagi opini yang saya pahami bahwa: pengembangan produk adalah: long time development sedangkan untuk proyek lebih berfokus pada jangka waktu tertentu.

Bagian lain yang menurut saya menarik adalah pihak yang di senangkan, seorang project manager bertanggung jawab untuk menyenangkan para stakeholder yang terkait dengan proyek yang dibutuhkan. Sedangkan product manager, pihak yang harus di senangkan adalah user (customer) yang menggunakan produk yg ditawarkan.

Selain dari dua poin tersebut, ada banyak poin-poin lain yang menurut saya membuat posisi product manager lebih ISTIMEWA

Sekali lagi apa yang saya tulis adalah pengalaman pribadi, tanpa mendeskreditkan pihak dan posisi lain yang saya sebutkan. hehe..

--

--