Computer Handwritting

Replika Tulisan Tangan

Apabila terjadi skenario seperti ini:

Anda adalah orang kaya yang memiliki aset berjalan sebesar 20 milyar rupiah dengan memiliki 100 cabang kantor diseluruh Indonesia, anda memiliki 7 orang anak dan memiliki 14 cucu, semuanya sudah anda persiapkan untuk harta warisannya. Diumur anda yang mencapai 79 tahun anda mendapatkan sebuah proyek menggiurkan dan omsetnya dalam waktu 5 tahun ke depan bisa mencapai setengah dari harta kekayaan anda. Celakanya, baru dua hari proyek itu berjalan anda terkena stroke, hampir semua tubuh anda lumpuh sehingga anda tidak mampu menuliskan wasiat untuk harta proyek terakhir. Hal ini bertambah parah karena anak-anak anda berebut untuk menginginkan proyek tersebut. Satu-satunya cara untuk menengahi semua ialah anda menuliskan surat wasiat terakhir tersebut untuk dilegalitaskan oleh pengacara pribadi anda. Tetapi tangan anda tidak bisa bergerak.

Well, stroke adalah salah satu penyakit yang rentan diderita oleh orang tua, kasus diatas terkadang memang terjadi disaat ajal ingin menjemput, kadang juga membuat penderitanya tidak tenang untuk meninggalkan dunia ini. Pada kasus diatas, bisa dibilang salah satu solusi sederhananya dengan menggunakan teknologi handwritting.

UCL Computer Scientist mengembangkan teknologi dimana komputer bisa “mereplika persis” tulisan tangan anda dengan hanya men-training data tulisan anda sepanjang satu paragraf! Dan masalah kekayaan diatas pun langsung selesai diatas kertas.

Tujuan utama pengembangan ini memang untuk mencerdaskan artificial intelligence (AI) tetapi pemanfaatannya bisa untuk penderita stroke, 3D painting, seni ukir bahkan untuk menerjemahkan komik dengan tulisan tangan tanpa menghilangkan khas penciptanya.

Kedepannya akan muncul bisnis-bisnis baru terkait ini. Tetapi pergerakan awalnya dimulai dari font pada computer dan smartphone anda yang mulai beraneka ragam. Glyphicon juga akan semakin beragam menghiasi website. Dengan adanya handwritting besar kemungkinan akan me-reduce storage dalam penggunaan website yang penuh dengan gambar dan meng-efesiensikan loading dan bandwidth. Selanjutnya baru akan merambah ke printing vector, 2D hingga 3D.

Untuk melakukan test validasi, UCL melakukan pengujian hasil data training dengan menuliskan tulisan ke lembaran-lembaran amplop, mereka juga meminta sebuah tim untuk menuliskan kata-kata pada lembaran amplop lainnya dengan tulisan tangan mereka sendiri. Kemudian tester (penguji) sengaja dibingungkan dengan banyaknya lembaran amplop dan meminta memilih antara tulisan tangan asli dan Handwritting software. 40% dari mereka memakan waktu untuk menelaah hasil tulisan tersebut dan tidak sedikit diantaranya yang tertipu dengan Handwritting software tersebut.

Pada saat ini UCL sendiri sudah melakukan data training pada dokumen-dokumen bersejarah dimulai dari tulisannya Abraham Lincoln hingga Albert Einstein.

Keuntungan lainnya pada Handwritting ini ialah penggunaannya untuk verifikasi password. Seiring dengan berkembangnya teknik penjebolan password, kita kadang diminta untuk melakukan pergantian password dalam kurun waktu tertentu.

Saya masih ingat ketika dulu password email saya di yahoo hanya menggunakan huruf, lalu diminta huruf sama angka, uppercase & lowercase(huruf besar dan huruf kecil) dan kini minta tambahkan symbol.

Hal ini cukup menyusahkan karena menghapal password terkadang sulit terutama dengan menggunakan symbol.

Sewaktu saya kuliah, dosen saya selalu mengatakan password selalu berbanding terbalik. Dengan kata lain, semakin sulit password kita, maka semakin aman pula akun kita (karena sulit di retas) nah tapi kalo semakin mudah password kita makan akan semakin mudah pula akun kita untuk di retas (tidak aman).

Meski beberapa teknologi enkripsi (MD5) mencoba untuk memudahkan user dalam membuat password (tidak ada symbol, uppercase lowercase dan number), tetapi masih dirasa kurang cukup.

Handwritting bisa menjadi cara terbaik untuk dijadikan alternatif password. Cara kerjanya sederhana:

  • Kirimkan tulisan tangan anda sepanjang satu paragraf (isi tulisan ditentukan oleh provider atau pihak terkait)
  • Tulisan kalian di training oleh Handwritting
  • Handwritting menyimpan pola tulisan tangan anda di cloud.

Cukup seperti itu, lalu untuk login masuknya, modelnya bisa seperti ini: Contoh mau masuk facebook.com.

  • ketikkan username seperti biasa
  • passwordnya diberikan toolbox: typepad
  • anda diminta untuk menuliskan 1 atau 2 kata di layar
  • cukup dengan menggunakan jari anda pada trackpad anda bisa masuk dengan mudah tanpa menggunakan password.

Lalu bagaimana dengan yang menggunakan mouse?

Bagi para pengguna mouse tentu tidak diminta menuliskan dengan melakukan pergeseran mouse karena sulit. Ada hal yang lain yang bisa dilakukan, yaitu melakukan tanda tangan digital secara perlahan di toolbox: typepad. Well tanda tangan bisa dilakukan dengan mouse walau agak sulit dan pelan, but it’s help! Kalau memang pasti nantinya ada cara lain, meski saat ini saya belum terpikirkan.

Anda boleh menuliskan ide anda dibawah


Tulisan ini ditulis pribadi oleh penulis dan sesuai dengan kecerdasan pribadinya, silahkan berkomentar dibawah ini.
One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.