Sebentar Lagi Robot-Robot akan Berkeliaran Layaknya Manusia

by ashrovy

Kehadiran robot ditengah-tengah hidup kita kadang memudahkan namun bisa juga menyulitkan. Tahun 2014 yang lalu di Silicon Valley, Knightscope (K5) diluncurkan dalam tahap beta-test didalam kehidupan masyarakat disana. K5 mempunyai tugas untuk menjaga ketentraman suatu wilayah, seperti halnya polisi. K5 memiliki kamera, sensor panas dan machine learning yang dilengkapi untuk mendeteksi apakah ada tindakan bullying atau hal-hal yang berbau kriminal yang terjadi di sekitarnya. Nantinya K5 akan membunyikan serine sebagai salah satu tindakannya. Namun sayangnya Knightscope belum-lah diterima baik dengan masyarakat, bahkan untuk kota maju sekelas Silicon Valley. Pembully-an terhadap K5 kadang terjadi oleh penduduk sekitar, bahkan ada laporan yang mengatakan Knightscope di tendang, di coret-coret dan di timpukin.

bullying robot

Beberapa robot yang telah di lepas di masyarakat belum tentu berjalan dengan baik sekalipun fungsi mereka ialah membantu manusia itu sendiri. Ada robot yang justru di-preteli isi dalamnya (mungkin untuk dijual) ada robot yang di culik dan lain-lain. Tetapi kejadian ini tidak membuat para perusahaan berhenti berinvestasi kepada robot dan mesin, mereka percaya suatu saat akan tiba saatnya masyarakat mengerti dan dapat berintergrasi (dalam sisi sosial) dengan robot itu sendiri.

Diantaranya Starship Technology yang masih berupaya dalam melepas robot ke jalanan untuk mengantar barang tanpa menggunakan kurir, mereka percaya robot mereka jauh lebih murah dan efesien dalam soal antar-mengantar barang.

Robot tersebut memiliki 9 kamera dan machine learning untuk mempelajari keadaan sekitarnya, peta yang digunakan oleh robot ini juga spesial karena peta setajam google maps tidak sesuai dengan harapan mereka. Starship menggunakan peta yang dapat mengindentifikasi dimana rute pejalan kaki, dimana rute mobil.

Permasalahan yang terjadi pada robot ini tentu saja sama dengan yang terjadi pada Knightscope, yaitu masyarakat yang tidak terlalu menyukai robot, baik perampokan atau penculikan robot bisa saja terjadi, meski tentu pihak company melakukan pengamanan yang luar biasa. Perkembangan teknologi apapun tetap masyarkatlah yang menjadi juri, apakah teknologi tersebut layak atau tidak berada dilingkungan mereka.

Tulisan ini ditulis pribadi oleh penulis, silakan kritik, masukan, dan komentarnya diberikan
A single golf clap? Or a long standing ovation?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.