Individual Review #6

Berikut adalah beberapa hal yang telah saya kerjakan setelah individual review terakhir:

  • Membuat dashboard yang berisi chart berupa rekap kehadiran harian para pekerja/employee
  • Memberikan token untuk employee yang baru dimasukkan ke dalam sistem
  • Memperbaiki beberapa bug kecil
  • Menambahkan access control pada attendance; daftar kehadiran yang dilihat hanya yang berasal dari satu company saja.

Untuk klaim nilai Part B, akan saya tunjukkan commit message pada Gitkraken, karena melihat dengan Gitkraken dirasa lebih mudah dibanding menggunakan Gitlab.

Kemudian, berikut adalah beberapa tulisan agar dapat melakukan klaim nilai:

API Documentation

Meskipun saya tidak membuat API pada proyek kali ini, tapi saya sudah pernah membuat API beserta API Documentation pada beberapa proyek yang lain, seperti pada Quint.id.
API adalah singkatan dari Application Program Interface. Pada domain web development, konsep yang paling populer pada API adalah REST API, dimana pada REST, penggunaan URL dan HTTP Verb diutilisasi dengan semaksimal mungkin. Terdapat empat buah HTTP Verb yang paling sering digunakan:

  1. POST
  2. GET
  3. PUT/PATCH
  4. DELETE

Kemudian, untuk dokumentasi API sendiri, yang sering saya gunakan adalah Apiary dan juga Blueprint. Pada dasarnya, Apiary merupakan tools yang mengekstensi Blueprint (Blueprint adalah semacam bahasa untuk API Documentation). Dengan tools tersebut, pembuatan API menjadi sangat mudah. Berikut adalah salah satu API Documentation yang saya gunakan untuk Susun Jadwal, suatu platform yang membantu dalam SIAK War.

Project Vision

Project vision merupakan sebuah dokumen yang berisi rancangan pengerjaan proyek yang akan dilaksanakan. Pada PPL, saya bersama teman sekelompok merancang project vision yang dapat diakses pada https://docs.google.com/document/d/1Jts5ZwGqOO0X13g4NW0B3LMyi_jJIDYvYGaOSNUTe6Q/edit?usp=sharing

Pada dokumen tersebut, kami telah merancang proses pengerjaan yang berpartner dengan Cermati. Pengerjaan yang kami lakukan cukup mudah, mengingat Cermati sendiri telah memiliki requirement specification sendiri untuk proyek yang akan kami kerjakan.

Epilog

Pada dua minggu ini, saya juga mempelajari hal baru yang sangat berguna menurut saya:

  • Ternyata pengerjaan front-end tidaklah seburuk itu. Meskipun saya bukan orang yang memiliki jiwa seni rupa (karena saya cukup senang dengan seni musik), saya merasakan kepuasan saat berhasil menambahkan chart rekap absen pada dashboard.
  • Membantu teman merupakan hal yang menyenangkan. Karena saat membantu mereka, saya mendapati permasalahan menarik yang sangat seru untuk diselesaikan.

Berhubung ini adalah individual review terakhir, saya mengucapkan terima kasih kepada Bu Maya Retno, Kak Naya, dan segenap teman-teman PPL saya (Riscel, Kowan, Brigita, Muthy) karena berkat kalian, saya jadi belajar banyak hal, bukan hanya secara hard-skill, tapi juga secara soft-skill. Semoga kedepannya saya dan teman-teman menjadi lebih baik lagi! :)

Like what you read? Give Gentur Waskito a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.