Selenium untuk Front End Testing

Seusai Individual Review #2, saya mencoba untuk mencari tahu mengenai Selenium Testing sambil merapikan kode sumber yang telah saya buat (menyesuaikan beberapa query karena ada perubahan dari segi flow page).

Selenium

Selenium adalah tools yang dapat mengetes aplikasi web yang dijalankan dengan berbagai platform dan browser. Selenium terdiri dari beberapa komponen; yang saya gunakan di sini adalah Selenium Integrated Development Environment (IDE). Selenium IDE saya gunakan untuk mengautomasi commands pada browser sehingga dapat dilihat apakah kejadian yang dilakukan saat page dijalankan dengan commands sesuai dengan kemauan kita.

Untuk memulai testing, kita memerlukan script — dalam Selenium IDE, dibutuhkan script dalam Selenese. Bagaimana caranya membuat script tersebut?

  1. Dengan Selenium IDE, kita dapat membuat script tersebut dengan recording. Caranya, jalankan Firefox dan buka menu. Pilih opsi Developer dan Selenium IDE. Kemudian, ketik alamat yang ingin dijadikan base. Setelah itu, nyalakan mode merekam dengan menekan tombol Record.
  2. Di Firefox, buka alamat yang dijadikan base. Klik kanan pada elemen-elemen yang ada di page tersebut, kemudian pilih command yang tersedia pada pilihan Show Available Commands. Misalnya, kita memilih perintah “assertTitle exact: Auto Personalia”. Perintah ini akan memperlihatkan apakah judul dari page benar. Setiap perintah yang dipilih akan ditampilkan pada Selenium IDE dan disimpan sebagai script Selenese. Jadi deh!
  3. Script Selenese ini juga dapat diekspor ke bentuk .java, sehingga nantinya bisa di-load lagi ketika tes ingin dijalankan. Kita juga dapat menambahkan command sendiri pada berkas .java tersebut untuk dijalankan lewat Selenium IDE.
  4. Ketika script dijalankan di Selenium IDE, maka akan terlihat command mana yang berhasil dijalankan dan command yang gagal. Command yang berhasil akan di-highlight dengan warna hijau dan command yang gagal akan di-highlight dengan warna merah.

Berikut beberapa contoh perintah dan deskripsi yang dapat digunakan di menu Selenium IDE:

http://www.guru99.com/introduction-selenuim-ide.html
Show your support

Clapping shows how much you appreciated Brigita Maria Wiputri’s story.