Sprint 1 — 1st Week

Riscel Eliel Florence
Auto Personalia
Published in
2 min readMar 7, 2017

Sprint 1 telah dimulai. Sehari sebelum sprint dimulai, kami menentukan MVP yang harus diselesaikan bersama dengan Bu Maya, selaku PO kelompok kami. Pada MVP, cukup banyak fitur yang tidak ada.

Pada hari kamis, kami pergi ke cermati. Kami sudah merencanakan jadwal ini dari minggu sebelumnya.

Kami pergi ke cermati dari rumah kami masing-masing. Kantor Cermati tidak jauh dari CP, kurang dari 10menit jalan kaki.

Sesampainya di Cermati, kami diajak berkeliling kantor Cermati. Kantor Cermati berada di salah satu ruko di sebelah Central Park. Rukonya terdiri dari 4lantai.

Setelah berkeliling kantor, Cermati memberikan tutorial mengenai nodeJs dan memberikan review mengenai system architecture.

Sebelum berangkat, saya membuat ERD.

Berikut adalah ERD yang pertama kali saya rancang:

Setelah berdiskusi dengan mentor, Gaji & Benefit Divisi dihilangkan karena dirasa sulit untuk diimplementasikan, sehingga gaji dapat diset per orangnya saja, tidak ada default nilai gaji untuk masing-masing divisi.

ERDnya kemudian diubah menjadi seperti ini:

Di hari Jumat, kami menghadiri daily scrum meeting. Kami melaporkan progress yang sudah kami buat. Saya sempat bertanya kepada scrum master kami, “apakah company perlu dimasukkan dalam database, atau lebih baik setiap perusahaan memiliki database yang berbeda?” Scrum master kami mengatakan lebih baik dipisah, bahkan seharusnya kami dapat membuat script untuk membuat database baru. Sehingga, saya kembali memikirkan database.

Di hari Senin, kami kembali berjumpa. Gentur mengatakan bahwa untuk sprint pertama, sebaiknya tidak perlu memakai divisi dulu. Saya kemudian hanya membuat database Employee. Namun, setelah saya pikir-pikir, Rabu lalu Bu Maya mengatakan bahwa divisi tidak usah custom, namun sudah ada default divisi yang didesign khusus hanya untuk sebuah perusahaan. Karenanya, saya kembali mengubah database menjadi seperti berikut:

Jadi jika ada orang yang ingin login, akan dicek dari table Admin, kemudian jika login berhasil, maka akan diarahkan ke database perusahaan lewat table Company. Table Gaji & Benefit, Gaji & Benefit Employee, Employee, Job Title, Division, Transaksi Ijin, dan Absensi adalah table yang akan ada di setiap database.

Setelah menyusun database ini, saya memperbaiki data dummy yang telah saya buat, kemudian me-convert-nya ke dalam tipe sql.

Kesimpulan

Secara ringkas, pada minggu 1 sprint 1, ada beberapa hal yang sudah saya lakukan:

  • Membuat ERD
  • Set initiation data
  • Membuat dummy data
  • Mempelajari nodeJs

--

--