Weekly Review 4

Riscel Eliel Florence
Auto Personalia
Published in
2 min readApr 20, 2017

Secara garis besar, ada dua hal yang saya kerjakan selama dua minggu ini:

  1. Membuat fitur filtering dan sorting pada front-end upload attendance data.
  2. Membuat Unit Test division-test.js dan juga membuat test untuk saveCreateDivision saat failed.

Berikut tampilan front end dari upload attendance data:

Secara default, halaman akan menampilkan seluruh divisi beserta seluruh jobnya. Pilihan job yang ada akan berkurang tergantung dari divisi yang dipilih.

Sebelum dilakukan filter
Setelah dipilih filter menurut divisi marketing

Filtering dan Sorting

Untuk membuat sorting dan kolom search, saya menggunakan plug-in library dari bootstrap yang disebut DataTable. Pada saat awal mula pengerjaan, saya belum kenal dengan DataTable ini. Saya sempat mencoba sorting secara brute force. Namun karena sorting ini memakan waktu yang sangat lama, sama mencoba shell sort dan juga insertion sort. Tapi, dalam implementasinya, saya gagal melakukan sorting ini. Barulah kemudian Muthy Afifah mengirim link plug-in ini dan saya mengimplementasikannya.

Untuk dapat mengintegrasikan filter dengan databtable yang ada, filter tidak dapat menjalankan cara filter biasa (hide).

berikut adalah contoh code untuk menambah filter ke data table:

Code untuk menambah filter ke DataTable

Program mereturn true jika kondisi tersebut memenuhi filter yang diinginkan, sedangkan return false jika kondisi tidak terpenuhi. Setelah mereturn nilai-nilai tersebut, perlu dipanggil method draw() pada dataTable tersebut.

Untuk pengerjaan Unit Test, saya mencontoh code yang sudah dibuat oleh Kustiawanto Halim.

API DOCUMENTATION

Selain mengerjakan dua hal di atas, saya mencoba untuk belajar mengenai API Documentation. Perjelasan singkan tentang API Documentation dapat dilihat di blog milik Muthy Afifah

Sebelumnya, Kustiawanto Halim juga telah membuat API Documentation, pada minggu ini saya mencoba membuatnya juga.

Karena ada keterbatasan jika API Documentation dibuat berkelompok, maka saya menggunakan account milik kowan.

Linknya dapat diakses disini.

--

--