TDD? Ting Ding Dong? (Cont.)

Marco Kenata
Basic People
Published in
2 min readApr 18, 2019

Kita pernah membahas TDD,(bukan Ting Ding Dong, tapi Test Driven Development) seperti pada story saya yang dahulu, dan sekarang saya ingin mengelaborasi TDD tersebut sesuai dengan keadaan di kelompok saya.

Implementasi Kodingan Test
Pada project kali ini, kita menggunakan React dan JavaScript untuk membuat suatu website, dari front-end sampai back-end. Kita tidak hanya membuat kodingan fungsionalitasnya saja, tetapi kita juga membuat kodingan testnya. Kita dapat mengambil contoh kodingan extension .test.js, yang akan dijalankan dengan command : npm test, sehingga dia menjalankan test suite jest.

Lalu kita menggunakan shallow untuk mengecek apakah kodingan yang baru memiliki kesamaan dengan yang lama, dengan mengambil snapshot. Contoh file snapshot dalam file Modal Verifikasi ini adalah :

Setelah kita mencocokkan kode snapshot dan bersihkan local Storage yang baik dan benar, maka kita akan bisa menentukan mana yang lolos tes dan mana yang gagal.

Setelah saya jalankan code di atas, kita dapat coverage sebagai berikut :

Lalu saya menambahkan test lagi, untuk mengetes apakah sudah sesuai dengan ekspektasi saya dengan

mengemulasikan onSubmit yang belum di tes.

Lalu saya jalankan coverage lagi dengan 23.19% statement yang ada:

Dengan hasil di atas, dengan satu potong kode testing,bisa memberikan suatu balasan yang besar untuk seberapa banyak statement yang dapat tercover.

Sekian, and have a nice day!

--

--