Kecil tapi Konsisten

Arina Pra
Bentala — Earth Conscious Living
2 min readSep 6, 2018
Picture credit to Nikola Jovanovic

Hampir tiap hari kita terekspos dengan berita-berita tentang semakin rusaknya alam dan lingkungan kita. Dari masalah sampah sampai polusi udara, dari banjir sampai macet, banyak lah pokoknya!

Dalam hati kecil, kita sebenarnya ingin bisa membantu mencari solusi — kita ingin membuat perubahan. Dan saya yakin diantara kita sudah mulai melakukan perubahan-perubahan kecil tersebut karena kita peduli.

Tapi, pernah ngga sih kalian ngerasa kalau apa yang kalian udah lakukan seperti ngga berpengaruh? Sudah mulai mengurangi membeli air minum botol sekali pakai misalnya, tapi kenyataan nya sampah plastik tetap saja semakin menumpuk.

Akhirnya kita ngerasa capek sendiri dan mikir “apa gue cuma buang-buang tenaga aja ya?”.

Menurut saya, ngga — sama sekali ngga buang-buang tenaga. Perubahan yang udah kita lakukan berpengaruh dan sangat dibutuhkan.

Saya yakin banget sama hal ini, karena saya udah ngalamin sendiri prosesnya. Saya sempat ngerasa capek sendiri mikirin soal lingkungan. Merasa capek karena effort yang saya lakukan seperti ngga menghasilkan apa-apa.

Sampai suatu saat, salah satu teman saya sharing soal perubahan kecil yang dia lakukan karena terinspirasi oleh apa yang sudah saya lakukan. Dia belajar dan mulai mengerti pentingnya peduli terhadap bumi. Karena dengan menjaga bumi, kita menjaga keberlangsungan kehidupan kita sendiri.

Saya pun sadar, bahwa walaupun dampak dari yang kita lakukan itu ngga kelihatan, bukan berarti ngga berpengaruh. Yang penting, kita tau bahwa perubahan itu sudah dilakukan, dan terus dipraktekkan dengan konsisten.

Yeap, itu dia kuncinya.. konsisten! Sekecil apapun perubahan yang kita lakukan, asalkan konsisten, pasti akan bermanfaat. Mau mulai dari sekedar say no to plastic straw, atau stop menggunakan kresek plastik, atau bersepeda ke kantor sekali seminggu — semua berpengaruh dan anak-cucu kita nantinya yang akan berterima kasih pada kita. :) Karena, kalau bukan kita yang berubah, siapa lagi?

Jadi, yuk kita gulung lengan baju dan mulai dengan satu perubahan kecil. Kira-kira, perubahan kecil apa yang akan kamu lakukan mulai sekarang?

--

--

Arina Pra
Bentala — Earth Conscious Living

Life epiphanies’ enthusiast. I write about green lifestyle at medium.com/bentala. Work for employment of people w/ disability at dnetwork.net