Konsep Baru Memulai Bisnis dengan Tingkat Keberhasilan Lebih Tinggi

WM
berhentikerja
Published in
3 min readJan 31, 2019

Tulisan kali ini adalah konsep baru dalam memulai bisnis, memilih produk untuk dipasarkan, menjual 1 jenis produk atau lebih.

Pertama kali memulai saya menggunakan konsep ‘Niche Product’, dimana saya hanya fokus di satu produk spesifik.

Dulu saya bangun 1 website untuk 1 produk. Produk seperti tas laptop, sabun susu kambing, jamur, cacing, dsb

iya saya tahu produknya nyeleneh, tapi saya buat karena memang ada yang cari. Kita bisa menggunakan alat yang diberikan gratis oleh google untuk melakukan riset dasar ini.

Dan saat itu karena keasyikan, tak terasa belasan website Niche lokal yang saya bangun yang akhirnya kandas satu persatu.

Kenapa?
Karena setiap produk ada tantangannya.

Orderan 10 pcs per hari akan beda dengan yang 100 atau bahkan 1000 pcs /hari.

Saya masih ingat betul dulu dapet order jamur tiram 1 ton seminggu dari Bandung.

Ternyata tidak ada supplier yang mampu memenuhi nya di kota saya, dan pengirimannya pun terlalu jauh.

Kemudian dapet order hanya 100 kg perhari dengan harga 2x lipat lebih tinggi dari harga pasar tapi ukuran jamurnya harus sama, gak ke handle juga

Kesalahan terbesar yang saya pelajari adalah karena saya memilih target market yang berbeda-beda,

Ya, kita kadang mikirnya bangun usaha langsung beberapa, masing-masing menghasilkan satu juta aja per bulan kan lumayan.

Ternyata saya sadar ini adalah pemikiran yang kurang tepat.

Kurang tepat jika target nya adalah jangka panjang.

Kalau hanya menghasilkan pendapatan untuk sekedar hidup dan keluarga sudah cukup-cukup aja.

So, gimana sih cara meningkatkan keberhasilan bisnis?

kita harus ngerti konsep dasarnya

Masalah apa yang mau bisnis anda selesaikan?

contoh :

Bisnis kita ingin membuat seorang wanita lebih cantik terutama untuk suaminya

tentu kalau ngomog ‘cantik’, banyak orang akan berpikir bisnis kosmetik bukan?

Padahal dari ujung rambut sampai kaki ada peluangnya..
atau bahkan yang tak kasat mata, cantik dari hati pun bisa jadi peluang.

Jadi konsep dasarnya adalah, kita bisa menjual lebih dari satu jenis produk untuk satu target tujuan

Dari contoh di atas, kita bisa jual kosmetik, untuk wajah aja uda ada berbagai macam produk tuh, belum lagi perawatannya, untuk malam dan siang hari.

Perawatan tubuh, busana formal, busana informal, busana pasutri, etc

Cantik dari hati, kita bisa jual panduan menjadi ibu / istri, edukasi hubungan keluarga, parenting dan lain sebagainya yang kini bertebaran di internet.

Lah mas, kok jadi jual segalanya, modalnya darimana?

Perhatikan ini, untuk memulai anda tidak harus memiliki produk sendiri, jual produk orang lain yang sudah terbukti laku di pasaran, apalagi sekarang juga sudah mulai banyak yang memberikan fasilitas dropshiping, jadi anda gak perlu lagi bingung masalah modal.

Saat anda memiliki lebih jadi satu jenis produk dengan target market yang sama, akan jauh lebih memudahkan anda untuk melakukan upsale dan cross sale

Tahap memulai bisnis ini adalah tahap riset produk.

Seyakin apapun anda terhadap ide atau produk yang anda miliki, tetap pasarlah yang akan mementukan produk anda laku atau engga.

Nanti juga dalam prosesnya anda akan menemukan produk utama anda (jackpot), dimana anda merasa sreg menjualnya karena laku keras.

Untuk berhasil di jaman sekarang, terutama kalau ada baru memulai, pendekatannya adalah lebih personal.

Buat orang suka dengan anda …

(Caranya? nanti saya share ditulisan-tulisan berikutnya..)

Saat anda disukai, mereka akan membeli apapun yang anda jual

tapi tetap memperhatikan kualitas & value ya…

Semoga tulisan sederhana ini mencerahkan

--

--