Hello World!

Dennis Ganda
Beyond The Code
Published in
2 min readJul 7, 2016

Selamat datang ke “Beyond The Code : hal — hal teknis di luar coding yang wajib kamu tahu di dalam game development”

Apakah anda pernah seorang game programmer? Apakah anda pernah membuat game dari nol hingga selesai , kemudian mempublish game tersebut? Apakah setelah anda mempublish game tersebut anda mendapat komentar seperti :

  • Gamenya simple tapi koq ukurannya gede banget sih gan?
  • Gila gan gamenya ngelag abis!
  • Ini gimana gan di hape ane tampilannya koq kacau?
  • dll

komentar — komentar di atas adalah pertanda bahwa ada yang salah di dalam game anda. Namun belum tentu penyebab masalah ada di dalam kode yang anda buat. bisa saja yang menjadi penyebabnya adalah :

  • kesalahan dalam build setting sehingga banyak library yang tidak dibutuhkan yang nyangkut di dalam game
  • ukuran asset yang terlalu besar
  • kurangnya pemahaman mengenai jenis — jenis dan ukuran layar
  • dll

Banyak hal di luar coding yang dapat menyebabkan masalah di dalam pembuatan game. Namun masih sedikit yang membahas masalah — masalah tersebut. Sering saya menemui pertanyaan yang sama ditanyakan berulang kali. Karena itulah di dalam blog ini saya akan membahas masalah — masalah tersebut.

Di dalam blog ini saya akan menjelaskan hal — hal yang sering saya lakukan dan saya pelajari di dalam proses pembuatan game yang tidak melibatkan coding di dalamnya. Banyak sekali sebetulnya hal yang perlu diketahui oleh programmer untuk dapat memaksimalkan produktivitas kerja namun sayangnya saya masih melihat banyak yang tidak melakukannya. Mudah — mudahan apa yang saya pelajari ini dapat berguna dan membantu anda menjadi game programmer yang mumpuni :)

Perlu dicatat bahwa saya pun masih turut belajar dan mungkin ada hal — hal yang saya belum tahu ataupun ada cara yang lebih baik dalam menyelesaikan sebuah masalah. Apabila anda merasa cara saya kurang benar, feel free to correct me.

Oh iya perkenalan dulu supaya ada sedikit kredibilitas. Saya seorang game programmer yang telah berkutat di dunia game semenjak sekitar tahun 2010. Sampai sekarang saya telah membuat dan mempublish lebih dari 10 simple & casual game, beberapa bisa dilihat disini . Game engine yang saya gunakan sekarang adalah Unity + C# dan platform yang paling saya kuasai adalah mobile terutama android (iOS masih sedikit2 bisa lah kalo cuma build+deploy) . Jadi kemungkinan besar saya akan banyak membahas tentang Unity. Terutama juga karena banyak saya lihat teman — teman game developer yang baru mengenal Unity dan feeling lost about how things work :)

Oh iya game — game yang saya buat sampai sekarang adalah game 2D , jadi mungkin untuk bahasan seputar 3D belum akan saya masukkan. Masih belum paham gan! hehe

Oke begitu saja untuk sekarang. sampai jumpa di artikel Beyond The Code selanjutnya!

-Beyond The Code-
Hal — hal teknis di luar coding yang wajib kamu tahu dalam game development

--

--

Dennis Ganda
Beyond The Code

certified grammar nazi | orang penting di @amagineGames | pecinta hal2 random ~Bersahabat, Dekat, Seru dan Menantang alias BDSM~