Binar Academy Batch 9: Pengalaman yang Tidak Terlupakan

Ahmad Said
Binar Academy
Published in
2 min readNov 30, 2018
Logo Binar Academy. dokumen pribadi

“Ikut bootcamp pemrograman komputer tanpa dipungut biaya? Kenapa tidak diambil aja?” Pikiran saya waktu itu saat mendengar teman-teman kuliah membicarakan tentang Binar Academy di warung burjo. Setelah saya mendapat informasi tentang apa itu Binar, apa saja yang dilakukan, dan di mana saya dapat mendaftar, saya segera mendaftar ke halaman Binar dan memilih kelas Backend. Jujur, saat itu saya hanya tahu sebagian kecil tentang backend dan mencoba menantang diri saya untuk mempelajari lebih dalam.

Setelah saya mendaftar dan melakukan test, saya mendapat giliran pada batch 9 dan diundang ke dalam chat grup besar di Telegram. Kemudian saya melihat anggota dalam grup itu, ada yang sudah veteran hingga yang sama sekali belum pernah ngoding tetapi ingin belajar. Melihat berbagai macam orang di dalam grup itu membuat saya tidak sabar ingin merasakan bagaimana Binar Academy ini.

15 September 2018. Hari di mana saya melakukan konfirmasi untuk mengikuti kelas Binar batch 9. Waktu itu saya dan member lainnya melakukkan administrasi dan mengikuti acara. Waktu itu kami dijelaskan tentang Binar, kelas-kelas yang dibuka dan apa saja yang dipelajari, serta live show pengenalan dan demo engine yang digunakan pada aplikasi. Setelah saya mengikuti acara itu, kami diminta oleh pengisi acara untuk melakukan input kelas yang akan diikuti.

Minggu depannya saya mengikuti kelas pertama Binar. Saat itu saya merasakan seru dan asyiknya belajaran pemrograman, berbeda dengan kelas kuliah yang sering saya ikuti di kampus. Mentor yang mengajar juga pandai memberikan ilmu — ilmu kepada kami.

Selain mengikuti kelas, kami juga diwajibkan mengikuti tim yang telah dibuat dan membuat aplikasi sesuai dengan tema yang diberikan yaitu “bencana alam”. Tim yang saya diikuti adalah tim D dan tim ini yang membuat saya merasakan keluarga. PM (Product Manager) kami, Pak Faisal, saya sangat asik dan santai serta baik banget dengan semua anggota tim D. Anggota-anggota divisi BE (Backend Engineer) Mas Akbar, Mas Arga, dan mas Willy yang seru dan selalu membantu saya dalam mengerjakan projek. Di tim ini, TIM BE dan divisi-divisi lain seperti FE, QA, UI/UX, dam Android melakukan brainstroming, melakukan desain, peracangan dan pembuatan aplikasi yang seusai dengan tema dan terbentuklah aplikasi kami, RelaOne.

10 November 2018, saya dan Tim D melakukan showcase dan graduation. Hari itu kami maenampilkan aplikasi yang kami buat dan mendapat pujian dari juri yang menilai. setelah itu kami tiba pada saat graduation. Saat graduation kami diberitahu bahwa hari ini bukanlah akhir, namun langkah awal kalian menuju hal yang baru dan lebih besar. Selesai acara ini, saya mengerti makna dari adanya Binar ini. Kerja sama, tanggung jawab, keuletan diasah dan ditempa menjadi lebih baik. Saya berharap saya bisa mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini lagi, dan menjadi salah satu kenangan indah dan tak terlupakan.

--

--