Binar Academy Lebih dari Sekadar Coding

Azis Marya Pratama
Binar Academy
Published in
4 min readNov 14, 2018
“Borobudur Temple” Photo by Sander Wehkamp on Unsplash

September 2018, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertama kalinya aku bisa menginjakkan kaki di Kota Gudeg. Kota yang merupakan impian, destination saya sejak dulu. Hmmm….. perjalanan yang lumayan lama sekitar 8 jam dengan menggunakan pesawat dari Kota Jayapura. And now, di sini saya akan berbagi pengalaman saya sekolah IT di Binar Academy. Welcome To Jogja….

Sedikit pengenalan aja sih, saya adalah lulusan non-IT dari universitas ternama di Kota Jayapura. Dan untuk urusan namanya coding, masih NooB cooy hahahahaaa. Tapi, inilah tekad saya untuk mempelajari dunia IT, bahwa coding is fun. Awal saya bertemu Binar Academy, ketika lagi nyantai di rumah, browsing internet untuk mencari sekolah IT di Jawa. Saya menemukan laman website binar.co.id dan pas sekali sekolahnya bertepatan di Kota Jogja sekalian Traveling. Wah, ternyata yang punya Binar Academy itu Mba Alamanda Shantika ex-Vice President Gojek, akan menjadi pengalaman terhebat dalam hidup saya bila dapat bergabung di Binar Academy. Ternyata benar saya pun lolos Online Test setelah melakukan tahap-tahap dari registrasi sampai ujian nya. dan saya pun mengambil kelas di Front End Beginner, yaa untuk pemula bagi saya dalam dunia IT.

Hari itu pun tiba, awal perjumpaan kita Batch #9 di Induction Meeting bertempat di Hotel Eastparc, Yogyakarta. Kita dijelaskan singkat mengenai Binar Academy, waktu kita belajar serta pembuatan sebuah produk bersama Tim dan saya pun tergabung di Tim E. Di situ lah kita mulai berkenalan satu sama lain. Ternyata ada yang asli Jogja dan ada yang dari luar, seperti dari Jakarta, Subang, Sulawesi, dll. Di dalam Tim sendiri terbagi menjadi 6 platform: PM, QA , Android, UI/UX, Back End, Front End. Saya memilih jadwal belajar di kelas siang. Teringat di awal masuk kelas dan coding-an pertama saya yaitu ‘Hello World’.

If you can write “Hello World” you can change the world — Anonymous

Meet Up Tim E Berbagi Ide untuk Menciptakan sebuah Produk

Waktu pun terus berputar, saya mendapatkan ilmu dasar dari Basic Class, yaitu html, css dan Javascript. Tahap selanjutnya masuk di Focus Class, di mana saya sudah mulai membuat produk dengan menggunakan Vue.Js, yang merupakan Framework Javascript yang sangat mudah dan cepat untuk membangun website. Juga penggunaan GitLab untuk penyimpanan file project di web serta penggabungan file menjadi satu. Untuk website yang akan kita buat terdiri dari Landing Page dan Dashboard Admin. Dan saya pun dapat tugas dari PM untuk mengerjakan Dashboard Admin. Awal dalam pengerjaan tugas ini yaitu meminta design Dashboard Admin ke platform UI/UX, lalu meminta API dari platform Back End. Terakhir, QA akan mengecek fungsi produk dari tiap platform.

Collabs antara Platform FE dan UI/UX

Dalam proses pembuatan project ini saya sering mengalami kendala, karena keterbatasan ilmu IT. Dan di sini lah peran penting Mentor yang akan membantu dalam proses pengerjaan project. Terkadang, saya juga meminta bantuan kepada rekan FE lainnya. Bahwa mengerjakan project tak bisa dilakukan sendirian, akan tetapi membutuhkan sebuah kerjasama. Nah, kita juga perlu membangun ikatan emosional dengan platform lain agar proses pengerjaan project tidak terlalu kaku dan tegang. Saya beruntung memiliki rekan kerja tim yang kocak abiiisss. Hahahaha. “No Super man, But Super Team.”

Tiba waktunya kita memasuki tahap akhir, Showcase. Deg..degann…cooyy…. Di Showcase ini, kita tampil di depan juri yang mana juri-jurinya merupakan partner Binar Academy. Mesti harus berani dan yakin bahwa produk kita bisa diterima oleh juri. “Ladies n Gentlemen Tunjukkan Pesonamu.” Dan giliran kita maju untuk presentasi, diawali dari PM yang menjelaskan latar belakang serta maksud dan tujuan menciptakan produk, dilanjuti oleh platform Back End yang menjelaskan tentang API dengan Ruby on Rails, kemudian platform Front End menjelaskan tentang Landing Page dan Dashboard Admin dengan Vue.js, setelah itu lanjut ke platform Android, QA dan platform UI/UX. Tibalah waktunya Graduation dan pengumuman The Best Team serta The Five Best Student. Jeng..Jeng..Jeng..Jeeeennnng… Dan tim kita kurang beruntung. tetapi tim kita menyapu bersih The Five Best Student, dari platform FE 2 orang dan QA 1 orang. Mantaaaap mas bro dan mbak bro…. So proud of you,guys.

Biarkan foto ini berbicara kenangan Graduation Batch #9

Dua bulan kita bersama, bekerja bersama, pusing bersama, happy bersama. Aaah… senang rasanya kenal dengan kalian. Kapan lagi kita bisa bertemu??? Inilah mengapa saya menulis dengan judul Binar Academy lebih dari sekadar coding. Karena di sini, kita akan menemukan arti pertemanan, kekompakan, kepemimpinan, integritas dan karakter bermental baja. Terima kasih banyak teman-teman batch #9, para mentor yang ikhlas membantu mengajari kita, para master yang membimbing kami dari Induction sampai Graduation. Juga pendiri-pendiri Binar Academy yang masih menebarkan kebaikan ke seluruh Indonesia. Special thank’s to Mbak Ala. Salam hangat dari paling ujung timur Indonesia. Ditunggu kedatangannya di Pulau Papua, Papua itu Indah Kaka, Lebih Indah kalo kesini.

“IZAKOD BEKAI IZAKOD KAI — SATU HATI SATU TUJUAN”

--

--