First Step 🚶

Lasea Monika
Binar Academy
Published in
4 min readDec 7, 2018

Langkah terberat adalah langkah pertama. Tetapi ketika berhasil melangkah, saya sudah menyelesaikan 50% tugas saya.

Awal tahun saya berkenalan dengan Binar saat mencari referensi untuk skripsi dan itu pun secara tidak sengaja. Di monitor laptop saya tertera “Sekolah coding gratis,” kesan pertama saya ya “bagus” saja tetapi tidak tertarik. Tidak tertarik lagi dengan koding-kodingan 😆. Padahal saya kuliah jurusan Informatika konsentrasi pemrograman 😄.

Bulan Maret saya diajak teman untuk daftar Binar. Ada sedikit ketakutan di hati saya bukan takut tidak lolos tes tetapi takut jika saya lolos tes. Ragu apakah saya mampu mengikuti pembelajaran di Binar Academy sampai akhir (saya yang tidak suka coding). Setelah mengerjakan soal tes yang lumayan membuat saya berpikir, saya dinyatakan lolos dengan skor 80. Puji Tuhan, saya yakin ini langkah awal saya untuk belajar lagi.

Induction meeting Batch 9 dilakukan 22 September 2018. Sejak saat itu saya sah menjadi student Binar . Setelah induction meeting, kami diperbolehkan mengikuti Binar Connect dan di situlah saya yakin bahwa Tuhan tidak salah taruh saya di Binar untuk belajar. Walaupun ada sedikit yang menggoyahkan saya, students lain terlihat sudah expert di bidang IT sedangkan saya mahasiswa Informatika abal-abal.

Rapopo aku kan melu Binar pengen sinau, nek wis pinter aku ramelu binar”- saya berkata pada diri saya terdengar seperti pembelaan 😆.

Frontend Batch 9 — Mentor Kak Mars 😅 #Sesi15

24 September pertemuan pertama saya di kelas frontend. Dari awal sudah membuat kesan yang sangat bagus untuk saya. Mentor yang expert, sabar dan sangat baik dalam menyampaikan materi. Materi yang diberikan oleh Binar juga terstruktur, ruangan yang nyaman juga mendukung pembelajaran. Banyak sekali yang saya dapat di Binar dan tidak saya dapat di perkuliahan. Di kelas frontend saya belajar GIT flow, di mana saya baru kali pertama tahu saat belajar di Binar. Saya belajar lagi mengenai HTML, CSS, Bootstrap, Javascript dan lagi-lagi saya mendapat banyak ilmu di sini. Saya juga belajar framework baru yaitu Vue.js. Di kelas, sangat memungkinkan buat kami untuk bertanya banyak hal mengenai meteri yang sedang kami pelajari atau di luar itu. Mentor akan menjelaskan dengan rinci step by step (sangat membantu apalagi untuk pemula seperti saya).

Best Team batch 9 Binar Academy

Dari awal tergabung sebagai students, kami di bagi 5 tim dan saya masuk di Tim C (Lakon). Tim kami terdiri dari beberapa platform yaitu Product Manager (PM), Frontend, Backend, Android, UI/UX, dan Quality Assurance (QA). Di tim ini kami berasal dari daerah yang berbeda dan mempunyai pemikiran yang berbeda-beda. Kami diberi tugas untuk membuat sebuah product bertemakan bencana alam dengan waktu kurang dari dua bulan. Di tim ini kami belajar menyatukan pemikiran kami yang berbeda-beda ini menjadi satu ide untuk membangun Lakon Apps. Saya belajar banyak dari tim ini, saya belajar bertanggung jawab untuk tugas saya sebagai frontend yang mengimplementasikan design dari UI/UX ke dalam sebuah code. Kami juga dilatih menjadi “developer sungguhan” dengan metode SCRUM yang Binar terapkan. Tanggung jawab kami untuk menyelesaiakan aplikasi ini membuat kami sering berkomunikasi dan bertemu. Di sini saya merasa menemukan keluarga baru saya.

Tanggal 10 November adalah hari kami Showcase, hari di mana kami mempresentasikan product yang telah kami bangun. Binar memberi kesempatan kepada setiap students untuk presentasi di depan bersama tim masing-masing. Hati saya berdebar kencang sesaat sebelum maju ke panggung. Dan semua terlewati, baik-baik saja dan saya bisa 💕 melakukannya. Tidak hanya berhenti di presentasi, kami mendapat penghargaan untuk apa yang telah tim kami kerjakan. Tim kami, tim C (Lakon) terpilih menjadi tim terbaik di Batch 9 Binar Academy. Glory to God.

Finally my first step was done. Dua bulan yang mengubah pola pikir saya mengenai dunia IT. Dua bulan yang membuat saya percaya diri dengan kemampuan saya bahwa saya mampu dan membuat saya ingin terus belajar. Untuk teman-teman yang masih ragu untuk memulai sesuatu, singkirkan keraguanmu dan take your first step.

All team C “Lakon”

Terima kasih Binar Academy sudah memberi saya kesempatan belajar disini. Banyak ilmu yang saya dapat di sini, pengetahuan yang akan menjadi bekal untuk karier saya setelah lulus. Terima kasih telah menempatkan saya di Tim C yang luar biasa. Tim C yang menjadi tempat saya untuk belajar dan berkembang. Terus belajar! Terus semangat! ❤️

--

--