Hai, Ini Ceritaku Sekolah di Binar Academy! Kalau Kamu?

Rega Dian Naralia Sari
Binar Academy
Published in
6 min readNov 12, 2018

Oke ini akan menggunakan bahasa campuran, jadi gak usah protes yha ~~

Pertama kali tahu Binar itu dari temen kuliahku yang sekarang masih aktif jadi mentor di Binar. Waktu itu cuma denger dan kemudian berlalu (yhaa soalnya belum ngeh itu buat apa, belum butuh lebih tepatnya!). Setelah berlalu, “Binar” kembali lagi menggema (washeekk) di kantor dan akhirnya memutuskan untuk mendaftar (sedang menyadari membutuhkan sesuatu yang baru untuk diri sendiri).

“woman in brown long-sleeved top standing beside wall” by Brooke Cagle on Unsplash

Jari-jari ini kemudian meluncurkan tenaganya untuk mengetik https://binar.co.id/ dan sudah memantapkan hati buat daftar (setelah mengetik ini ku agk zizik ya bacanya wkwkw). Abis itu yaa biasaa register dan kemudian test. Di sini lah kesombongan kamu semua diuji. Hati-hati ngerjain test ini, aku inget waktu itu agak-agak merememehkan dengan ngerjain cuma ngawang-awang doang. Akibatnya?? KAMU TIDAK LULUS TEST!!! Di situ aku merasa menjadi manusia bodoh ~ (njuk nyanyi).

“grayscale photo of woman crying holding her right chest” by Kat J on Unsplash

Dan karena TIDAK LULUS, makanya harus nunggu beberapa hari untuk daftar lagi. Baiklaahhhhh, di sini aku gak boleh gagal. Masak kalah cuma dengan soal cemen gituan wkkwkwkw. Dan harinya tibaaa, aku test lagi dan hasilnya aku LULUS tahap pertama masuk ke Binar Academy! Yeayy! Setelah itu masuk grup Telegram BATCH 9! Pertama kali masuk, whatt melompong sudah 200an membernya, ihh waww (percaya deh aku ternganga). Aku harus menunggu kurang lebih 2 bulan untuk mulai perjuangan baru.

“person holding Yeah!! printer paper” by rawpixel on Unsplash

15 September 2018, akhirnya tiba! Confirmation Batch 9, woohoo exited bgt sih buat ikut iini. Ketemu orang baru ketemu suasana baru, ahhh senangg sekalii!! Setelah menyelesaikan administrasi dan ikut acara, dan cek-cek grup telegram, benar sajaaa yang ikut di batch 9 tinggal 120an member ( iini yang kusebut tahap ke duaa). Baiklah setelah ini kita bakalan diinstruksikan untuk memilih jadwal sesuai dengan platform (platform apaan sih ?) Okay baiklah. Tenang, aku jelaskan sebisa aku wkkw. Di Binar, untuk saat ini, ada beberapa platform atau kalo bahasa manusianya adalah mata pelajaran spesialis yaitu ada Android, Front End, Back End, UI/UX, QA dan Project Manager. Untuk project manager sendiri ada seleksi khususnya jadi yang kira-kira tertarik bisyaaa banget ikut seleksinya lagi.

“woman reading book while sitting on chair” by Alexis Brown on Unsplash

Sudah bosan atau makin gemes gak, kira-kira cerita di dalem sekolahnya gimana? Okayy, aku bakal cerita, tenangg!!
Aku inget banget pertama kali masuk sekolah, aku telat dan pas masuk dibilangin gini sama mentor kesayangan kita “Yah Mb udah mau selesai ini.” Sedihh ya kan, aku sudah merusak kesan pertamaku, dasar telatan!! Wkwkwk, tapi ya sudah gak apa-apa. Di pertemuan selanjutnya, kelas diundur satu jam lebih lama! Pertemuan pertama itu isinya ya masih kenalan-kenalan, masih tipis-tipis gitu lah bahasanya.

Sebelum jauh, ternyata aku belum cerita ya aku ambil apa? Di Binar ini, aku mengambil platform QA (apa sih itu??) Searcing yha? Plisss, soalnya ini artikelnya udah panjang tapi belum selesai wkwkw. Kenapa aku ambil ini, karena mau belajar automation yang ada gurunya! Selama ini aku belajar sendiri, gak mudeng-mudeng. Akhirnya berhenti tengah jalan, huhuhuh. Makanya, di Binar ini mumpung bisa punya guru, pergunakanlan sebaik-baiknya wkkwwk. Eh terus yaa, ini gak ada yg nanya biaya gitu? Tau gak ? Biaya di Binar itu GRATISS,(gretong gtu loh) seneng kan?? Seneng lah.

Photo by MI PHAM on Unsplash

Pertemuan selanjutnya ternyata lebih menyenangkan! Aku punya temen satu platform ada 4, katanya di Batch ini QA nya tumben dikit wkwkwk. Jadi total kami cuma berlima. Ada dua mentor ganteng-ganteng yang di sini bakalan memuaskan nafsu kalian tentang QA! (HAHAHA)! Gimana sih belajaranya?Sebenernya lebih ke sharing dan tukar pengalaman. Mentor kita ini kebetulan lebih dulu memulai di QA jadi mereka bisa dibilang sudah hapal asam garam jadi QA gimana wkwkwkw. Jadi kamu gak akan bosan sih, tinggal balik ke kamunya cocok apa enggak sama mentor A, kalo gak cocok ya pindah ke mentor B, kalo gak cocok semua, berarti kamunya aja sih. Gitu aja hihihi…

Nah, selain kamu mendapat pelajaran secara teori, kamu juga praktek! Praktek di kelas bersama para mentor, dan praktek juga di dunia sesungguhnya! (Semacem Hunger Games gitu lah, tapi gak bunuh-bunuhan sih ya!)

Di sini, kamu bakal dibagi per tim. Di Batch ini ada 5 tim dan tiap tim dibagi lagi, ada PM dan 5 platform tadi. Kita diberi tugas untuk membuat startup dengan tema “Bencana Alam,” ini pas banget sih kemarin!

“woman wearing white and green dress surrounded by storey buildings” by Jordy Meow on Unsplash

TIM A, itulah timku untuk menghadapi ujian sesungguhnya kwkwkwkw! Setiap tim punya cerita uniknya sendiri-sendiri. Di sini, kamu akan belajar banyak banget! Apa sih, belajar apa? Bukan cuma belajar tentang teorimu di kelas, tapi belajar gimana caranya bekerja dengan tim yang baru aja ketemu, belajar legowo dengan keputusan yang tidak sesuai, belajar bahwa kepentingan tim itu lebih penting daripada kepentingan pribadi, belajar bahwa mempelajari sifat tiap anggota tim untuk “memegang” mereka itu perlu, belajar bahwa kamu harus disiplin terhadap timeline, dan yang terpenting, belajar untuk lebih bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu pilih dan kamu harus menjalaninya sampai selesai, (sungguh ku kadang tak mengerti kata-kata ini muncul dari mana.)

Karena sebenernya, ketika kamu sudah tidak satu pemikiran, atau sudah malas tidak mau melanjutkan, kamu bisaa aja gitu pergi tanpa pamit. Meninggalkan apa yang sudah kamu mulai. Seriuss, ini ujian terberat bagi tiap siswa di Binar sih kurasa.. Ya gak?? Wkkwkwkw

Tibalah Showcase 10 November 2018! Apa sih itu? Mau ngapain di sana? Anggep aja kamu kayak lagi mau audisi American Got Talent!! Yapp, di situ apa yang sudah kamu kerjakan bersama tim selama kurang lebih 2 bulan bakalan di-showoff ke semuanya. Ada jurinya juga yang bakalan bikin kamu sedihh, sedihh bahagia, atau sedihh banget. Itu aja pilihannya kwkwkwk.

Dan juga, kamu bakalan siap-siap jadi alumni di Binar Academy karena hari itu juga bakalan graduation!! Kalo kata Mas Mbak yang ada di Binar, Showcase ini bukan akhir. Justru ini adalah gerbang baru buat kita untuk menuju suatu hal yang baru!! Woho!

*psst mulai dari belajar sampe Showcase ini adalah tahap ketiga! Tahap ketiga di mana kamu masih kuat atau gak kuat dan akhirnya melambaikan tangan dan hilang HAHAHAH! Dari 200an jadi 120an, dan kemarin saat Showcase, yang bertahan cuma 90an member ! Congratulations gaes, sudah berhasil menepi dari derasnya ombak badai!

“people in white shirts throwing confetti” by Hieu An Tran on Unsplash

Aku tidak bisa bercerita tentang technical secara lebih, yang jelas apa yang aku pelajari di Binar banyak banget manfaatnya. Aku bisa bertemu orang-orang yang luar biasa semangat belajarnya. Bahkan, aku pengin ngambil batch lagi buat belajar yang lain wkkwkw!! You know, di sini gak pernah ada batasan usia buat kamu belajar! Setiap tempat dan wadah pasti banyak postive dan negative tapi di Binar aku belajar, walaupun ada yang negative, gimana caranya kamu bisa ubah itu jadi vibe yang positive! Belajar berbagi ilmu tanpa meminta balasan!

Sekian dulu yhaa ceritanya. Masih banyak tapi karena sangking banyaknya jadi bingung yang mau diceritain yang mana! Mudah-mudahan bermanfaat!

“person holding Thanks card” by Manuel Cosentino on Unsplash

--

--