Move On

Nesya Rogawati
Binar Academy
Published in
2 min readDec 1, 2018

Sebuah perjalanan mempunyai awal yang berbeda-beda, tak bedanya dengan perjalanan pencarian ilmuku di kota rantau ini. Jogja, sebuah kota yang dulunya hanya menjadi bayangan, hanya menjadi angan-angan yang sekarang tak bisa kulepaskan. Seakan ada magnet yang menarikku untuk tetap tinggal di kota ini, kota yang nyaman dengan berbagai kenangan di dalamnya. Semua seakan dikemas manis tanpa ada celah yang bisa ku jadikan alasan untuk meninggalkan kota ini.

Setelah sekian lama ada di zona nyaman, mulai terpikir untuk mengembangkan ilmu, untuk mulai mencari tantangan baru dalam ketenangan ini. Dan aku dipertemukan dengan Binar Academy. Binar, sebuah kata yang sangat asing bagiku, sebuah kata yang bahkan tidak ku ketahui itu apa. Dengan berbekal keinginan dan keingintahuan aku mendaftarkan diri di academy ini di kelas Backend.

Aku resmi dinyatakan masuk dalam academy, setelah menyelesaikan beberapa pertanyaan yang diberikan. Di sinilah perjalananku baru akan dimulai dengan semua pengalaman baru yang akan menantiku, menunggu beberapa bulan sebelum akhirnya bisa menembangkan ilmuku ini. Dimulai dengan pemilihan jadwal kelas yang akan diambil. Sehari sebelum kelas dimulai, aku mulai berpikir tentang teman seperti apa yang nanti ada di sana, orang seperti apa mentorku, dan berbagai pertanyaan menggangu lainnya.

Semua penantian dan pertanyaan ini terjawab dengan dimulainya academy. Kesan pertama dengan Binar, mentorku cukup baik. Mungin karena aku sudah tahu beberapa materi di basic class ini yang membuatku sedikit nakal karena meskipun sedang pelajaran aku sering melamun, mungkin memang karena aku yang bandel atau gimana tapi teman yang lain itu memperhatikan dengan baik. Dan aku mulai merasa jenuh, dan bertanya kapan aku belajar koding? Kapan mulai rails? Semua terjawab saat mulai masuk ke project saat mulai sprint class.

Di sini semua kejenuhanku menghilang, semua seperti berjalan 180 derajat berbeda dengan sebelumnya, di mana ada tim baru, ada project yang harus diselesaikan dan dilengkapi dengan drama-drama kecil di grup. Semua berasa lebih berwarna, kadang kita dituntut untuk kerja dengan deadline lebih, banyak berinteraksi dengan teman tim, dan bertemu dengan berbagai error. Dan semua yang telah ku lalui terbayar dengan ilmu yang ku dapat, dengan teman-teman baru dan semua pengalaman berharga ini. Aku benar-benar mengucapkan terima kasih banyak kepada Binar yang telah membuatku berani keluar dari zona nyamanku dan menemukan pengalaman berharga. Semua berasa seperti mimpi, semua berlalu begitu cepat. Tetapi, semua kenangan di sini akan selalu terkenang dalam hati. Dan happy graduation semua teman-teman Batch #9!!

--

--