Pengalaman di Binar Academy Batch 9

Yoga Mandayu
Binar Academy
Published in
3 min readNov 29, 2018

Binar Academy, pernah mendengarnya? Beberapa dari kalian mungkin tahu apa itu Binar Academy atau mungkin pernah ikut secara langsung pelatihannya. Kalian yang pernah ikut secara langsung adalah orang-orang yang sangat, sangat, sangat beruntung. Mengapa demikian? Sebelum ke sana, saya mau memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Yoga, alumni dari Batch 9 Binar Academy bagian Backend Beginner.

Kenapa sih ikut Binar? Terus kenapa memilih Backend? Awalnya saya juga tidak tahu sama sekali apa itu Binar Academy dan apa itu Backend. Yah karena kegiatan saya sehari-hari sih cuma kuliah main pulang kuliah main pulang. Tapi, temen saya Bayu, alumni Binar juga, memberitahu saya. Kebetulan saat itu kami lagi membahas tentang masalah perkuliahan. “Yog, mending lo ikut Binar aja, kuliah aja ga cukup loh.” Kemudian dia menjelaskan secara panjang lebar mengenai apa itu Binar dan kenapa saya harus ikut.

Setelah mendengar penjelasan dari temen saya tadi, akhirnya saya memutuskan untuk ikut Binar Academy. Alasannya sih cukup sederhana yaitu adalah pertama saya tidak memiliki kemampuan berorganisasi karena di perkuliahan, saya belum pernah ikut organisasi atau kelompok studi apapun dan bisa dibilang telat untuk mengikuti hal tersebut karena sudah masuk pertengahan semester 4 dan bisa dibilang softskill saya sangat minim. Namun, dengan mengikuti Binar kita bakal merasakan bagaimana rasanya bekerja sebagai software developer di dunia nyata. Tentunya hal ini tidak diajarkan di bangku kuliah.

Kedua, mencari relasi. Dengan mengikuti Binar kita akan mengenal banyak sekali teman-teman baru yang memiliki kemiripan latar belakang kemampuan yang sama, yaitu programming. Dengan adanya kemiripan tersebut, komunikasi jadi lebih mudah, santai, selalu nyambung dengan apa yang dibicarakan. Itulah yang saya rasakan, dengan saya ikut Binar saya melatih komunikasi terhadap lawan bicara, karena bisa dibilang saya kurang pandai dalam berkomunikasi.

Last but not least tentunya mencari ilmu. Tak dipungkiri lagi ini menjadi alasan setiap orang yang ikut Binar. Banyak hal yang baru dan tak diajarkan di dalam perkuliahan, salah satunya adalah GIT. GIT adalah ilmu yang sangat penting didunia pekerjaan sebagai software developer dan saya bersyukur bisa mempelajari hal ini.

Di Binar nanti kita akan memiliki team untuk mengerjakan sebuah project dengan tema yang telah ditentukan. Team ini akan menjadi teman sekaligus rekan kerja kita nanti.

Banyak pelajaran yang akan kalian rasakan ketika mulai mengerjakan project team ini. Salah satunya adalah ketika kita mulai mengelola dan membagi waktu untuk team dan kegiatan sehari-hari. Masalah yang sering saya alami adalah ketika jadwal antara mengerjakan tugas tim dan mengerjakan tugas kuliah. Pada saat itu, saya harus mengerjakan tugas kuliah dengan deadline 2 minggu lagi, namun pada saat yang sama saya memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas saya di Binar. Di sini lah saya serasa di uji untuk mengelola waktu yang padat namun keduanya harus tetap berjalan.

Kemudian, hal penting lainnya yang harus dibangun adalah komunikasi yang baik dengan team. Karena kita tidak bekerja sendirian, maka komunikasi harus tetap terjaga agar project yang dikerjakan selalu sesuai dengan apa yang telah disepakati oleh team.

Dua hal ini yang selalu saya jaga sehingga pada akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas kuliah dan tugas di Binar dengan baik dan lancar. Dan beruntungnya team saya pada saat Showcase mendapat kehormatan sebagai team terbaik. Rasa senang, bangga, dan haru sangat terasa ketika nama tim dipanggil keatas panggung. Yang paling membuat hati terasa senang adalah ketika melihat wajah wajah dari teman satu team. Mungkin hanya itu yang bisa saya gambarkan karena memang sulit sekali menggambarkannya perasaan kami saat itu.

Mungkin, pengalaman tersebutlah yang membuat orang yang mengikuti Binar sangat sangat beruntung. Semoga kalian setelah membaca tulisan ini dapat mengikuti Binar Academy dan merasakan lebih dari yang saya rasakan ketika mengikutinya karena memang ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Sebagai penutup tulisan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Team C karena telah memberikan waktu terbaiknya, semoga nanti bisa berkumpul kembali dengan perasaan yang sama.

-Yoga dari Team C dengan aplikasi Lakon-

--

--