Blibli.com di Jakarta HackDay

Blibli.com ikut serta mendukung acara Jakarta HackDay yang diadakan oleh Facebook Developer Circle:Jakarta (DevCJakarta).

Jakarta Hack Day oleh Developer Circle:Jakarta

Developer Circles merupakan program dari Facebook yang mempertemukan banyak developer lokal dengan membuat banyak cabang salah satunya di Jakarta dengan DevCJakarta, dengan membuat banyak cabang per daerah membuat komunitas bentukan Facebook ini bisa lebih menyentuh ke local talent sehingga lebih mudah diterima keberadannya.

DevCJakarta memiliki beberapa kegiatan seperti kegiatan mentoring dalam balutan program Master Class, ada juga kegiatan offline meetup yang rutin diadakan setiap bulannya untuk membahas berbagai macam teknologi Facebook dan perkembangan tren di dunia teknologi lainnya.

Dan pada 11 November 2017, DevCJakarta mengganti offline meetup mereka dengan sebuah acara Hackaton dengan tajuk Jakarta HackDay. Acara ini merupakan rangkaian dari beberapa acara lain yang juga diadakan di berbagai kota dimana Developer Circle telah terbentuk dengan mengusung tema berbeda-beda setiap daerah. Di Jakarta sendiri panitia tidak mengusung tema spesifik untuk hackaton yang mereka diadakan.

Kegiatan hackaton ini didukung juga oleh berbagai Startup lokal seperti Kejora (Investree, Qerja, Pawoon, dll), Tokopedia, Bukalapak dan juga Blibli.com dengan mengirimkan beberapa orang untuk menjadi mentor bagi para peserta hackaton tersebut.

Mentor Jakarta HackDay dari Blibli.com

Blibli.com sendiri mendukung kegiatan ini dengan mengirimkan 3 orang untuk menjadi mentor pada acara tersebut yakni Irfan Maulana, Hidayat Febiansyah dan Russel Siregar Karena para mentor memiliki background yang berbeda-beda maka dibuatlah group untuk masing-masing mentor yang terdiri dari beberapa kombinasi background keahlian sehingga tiap group mentor bisa terdiri dari orang technical, product dan business. Tujuannya tentu saja agar bisa memberikan insight dari sisi yang lebih bervariasi kepada para peserta.

Para mentor dari Blibli.com beserta mentor dari startup lain

Sebanyak 11 peserta masuk ke babak final yang artinya mereka akan menyelesaikan produk mereka dan pitching kepada juri setelah acara selesai. Dari 11 peserta ini masing-masing group mentor paling tidak akan mendapatkan dua group untuk dibimbing dan kebetulan penulis (Irfan Maulana) bersama mentor satu groupnya yakni Tri Nugraha dan Dickie Widjaja mendapatkan jatah 3 peserta.

Ada satu group yang akan penulis coba highlight secara singkat karena memiliki ide produk yang lumayan menarik, yakni Tride yang beranggotakan lima orang yakni Renata Clara Kumala, Rahmat Hidayat, Muhammad Mustadi, Patrick Benz Imanuel, Rizki Pratama. Ide yang mereka usung adalah aplikasi yang berupa aggregator bagi beberapa Ride Sharing Application populer yang ada di Indonesia seperti Go-Jek, Uber dan Grab. Idenya semacam Trivago namun dikhususkan bagi Ride Sharing. Jadi mereka akan mencarikan daftar harga untuk masing-masing vendor untuk sebuah perjalanan yang dipilih oleh User dan kemudian menghitung vendor mana yang bisa menawarkan harga termurah dan waktu tercepat untuk melakukan penjemputan. Pada akhir acara diumumkan team Tride ini berhasil medapatkan juara pertama dari 11 finalis yang ikut.

Para pemenang acara Jakarta Hack Day

Blibli.com selalu berusaha mendukung kegiatan yang dikerjakan oleh komunitas dan berharap memiliki andil dalam memberikan positive impact terhadap mengembangkan ekosistem dalam dunia teknologi khususnya.

Bila komunitas Anda ingin bekerja sama dengan Blibli.com Anda bisa menghubungi para Engineer kami, selain itu bila Anda ingin bergabung dengan tim kami membangun website yang memiliki impact terhadap masyarakat luas silahkan hubungi kami di email hidayat.febiansyah@gdn-commerce.com, irfan.maulana@gdn-commerce.com atau russel.morandy@gdn-commerce.com.

Like what you read? Give Irfan Maulana a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.