Apa itu #blogDojo

Semua berawal dari permintaan teman saya untuk mengajarkan nge-blog. Mungkin dikarenakan saya memang sehari-hari bekerja sebagai blogger, teman-teman saya ini berpendapat bahwa saya lebih bisa menulis atau nge-blog dari pada mereka.

Padahal belum tentu.

Tapi setelah dipikirkan, saya menyanggupi untuk membagi pengalaman saya di dunia blogging pada teman-teman saya, dengan sebuah premis bahwa hidup ini adalah sebuah pembelajaran tanpa akhir. Dengan membagi pengalaman, saya bisa mendapatkan pengalaman baru, bisa belajar presentasi, bisa belajar mengajarkan sesuatu, bisa belajar berkomunikasi.

Singkat kata, akhirnya kelas belajar pun dimulai beberapa hari yang lalu, dan saya menamainya #blogDojo.

Kenapa?

Alasan pertama adalah saya tidak ingin kelompok belajar ini menjadi hanya sebatas kelas satu arah, dimana saya mengajar atau membagi pengalaman saya di dunia blogging lewat presentasi dan ceramah, lalu teman-teman saya (peserta) mendengarkan.

Tapi yang saya inginkan adalah sebuah proses saling belajar antar anggota kelompok diskusi, saya belajar dari peserta dan peserta belajar dari saya. Ada proses timbal balik yang harus mengalir secara alamiah agar masing-masing bisa berbagi - mendapat ilmu.

Nama Dojo dipilih semata-mata karena dalam bayangan saya, dojo itu adalah semacam kelas yang egaliter, memang di sana ada pengajar/suhu/guru tetapi tidak menutup kemungkinan proses diskusi untuk terbentuk dengan rendah hati dan tercipta proses saling belajar dari para pengunjung dojo tersebut. Nama dojo dianggap mewakili alasan dan konsep kelas diskusi ini.

Nah, pertemuan pertama telah dilaksanakan tanggal 11 April 2013 bertempat di co-working space HSbdg. Di pertemuan pertama ini ada 4 orang peserta, saya sendiri menyiapkan materi berupa presentasi serta penjelasan dari masing-masing poin pengajaran.

Proses kelas dibuat seperti yang saya mau, yaitu dengan diskusi, masing-masing peserta mengungkapkan pendapatnya, bercerita. Termasuk saya sendiri juga bercerita tentang pengalaman saya selama di dunia blogging.

Rencananya saya akan bagi 3 pertemuan utama dan 1 pertemuan tambahan. Meteri akan dibagi menjadi Dasar, Medium dan Advance plus satu pertemuan untuk membahas tips dan trick.

Lalu untuk apa koleksi konten di Medium ini? Rencananya saya akan menuliskan setiap cerita yang ada setiap pertemuan, termasuk rangkuman materi yang saya sampaikan.

Di sisi lain, para peserta pun akan saya ajak untuk menulis di koleksi ini, sambil belajar menerapkan apa yang dipelajari, mereka pun bisa menceritakan pengalaman mereka ikut kelas. Jadi saya berharap orang yang membaca koleksi #blogDojo ini akan juga merasakan suasana kelas di dalam koleksi ini.

Ini akan menjadi tulisan pertama dan akan berlanjut ke tulisan-tulisan lain. Sampai Jumpa.