Episode 1: Intro

So, selamat datang di tulisan saya. Alhamdulillah, akhirnya setelah beberapa hari bergelut dengan kesibukan training Laravel di Malaysia, saya ada kesempatan untuk menulis artikel ini.

Saya sengaja tulis di medium untuk mencatat kendala dan tantangan berikut solusi yang saya temui selama membangun web malescast.com. MalesCast itu bermula dari mimpi. Saya punya mimpi untuk memudahkan proses teman-teman saya yang tertarik belajar web namun terkendala dengan materi berbahasa Inggris. Saya perhatikan juga, belum ada materi yang mantap tentang web ini dalam bentuk video yang berbahasa Indonesia. Itulah alasan saya mau buat MalesCast.

Saya tak ingin malescast ini jadi sekedar iseng, yang sebulan dua bulan web nya langsung ditinggalkan, tak terawat, jamuran dan ditinggalkan begitu saja. Karena itu, untuk malescast ini saya buat rencana seperti sedang mengerjakan project web di kerjaan. Oke, ini rencana saya.

Konten

MalesCast, fokus pertamanya akan pada web development. Kedepannya bisa jadi ada video jenis lain selain web development, misal Android, Java, dll. Tapi, untuk sekarang, karena yang jadi tutor screencast baru saya, dan saya baru mampu jelaskan sekitaran web, maka topik video untuk malescast ini akan saya batasi seputar web.

Topik

Yang terpikir sekarang untuk topik nya adalah tentang HTML, CSS, JS dan PHP. Saya rasa ini juga akan cukup luas. Untuk HTML bisa bahas berbagai API HTML5, CSS topiknya juga banyak, JS bisa bahas berbagai framework JS, untuk PHP tentunya bisa bahas dari coding structural, OOP hingga framework. Tentunya, rekan-rekan bisa request judul video di http://malescast.uservoice.com/forums/266675-general

Categori

Sebagaimana request dari rekan-rekan, videonya akan saya kelompokkan menjadi Newbie, Medium, Advanced. (atau ide penamaan lain?)

Frekuensi

Target saya dalam sebulan bisa produksi 20–40 video yang berkualitas. Melihat perkembangan web terkini, saya yakin target segitu bisa tercapai.

Modal

Saya mau terbuka untuk yang satu ini. Sudah banyak saya lihat web di Indonesia yang kontennya bagus, tapi kemudian jadi terbengkalai karena tidak terawat oleh empunya. Alasannya bisa banyak, dari males update konten, banyak kesibukan lain, hingga tidak ada modal untuk biayai server web itu.

Nah, saya mau jujur untuk yang terakhir. Ini biaya buat bikin Malescast:

Biaya Sekali

Biaya ini adalah seputar alat untuk ngerekam. Saya ingin kualitas videonya bagus, makanya saya pastikan pakai tools yang bagus untuk ngerekamnya. Berikut dua tools yang saya targetkan untuk beli:

  1. Mic Rode NTG2

Harga : Rp3.050.000
Bisa didapat disini

Update: Sudah terbeli.

2. Adapter SHURE XLR-to-USB Signal Adapter [X2u]

Harga : Rp2.086.700

Bisa didapat disini

Update: Sudah terbeli.

3. Software Screenflow, buat ngerekam video nya (yang ini udah beli).

Screenflow
Beli screenflow

Harga: Rp 831.600

Jadi, total biaya awal fix untuk tools sebesar Rp5.968.300

Biaya Berulang

Biaya ini akan saya bayar setahun sekali, ini kebanyakan untuk server sih.

  1. Hosting, saya rencana pakai Digital Ocean, harga pertahunnya:
    $120 = Rp1.320.000
  2. Domain, saya sudah beli di Namecheap, harga pertahunnya:
    $10.69 = Rp118.000
  3. SSL Certificate untuk domain, harga pertahunnya:
    $29 = Rp319.000
  4. Subsciption font di typekit, harga pertahunnya:
    $24.99 = Rp275000
  5. Vimeo, akan saya gunakan untuk hosting video. Saya butuh hosting di vimeo agar bisa pakai Domain Level Privacy, jadi videonya hanya bisa diputar di malescast. harga pertahunnya:
    $59.95 = Rp660.000
  6. Server management dengan Laravel Forge, harga pertahunnya:
    $120 = Rp1.320.000
  7. Internet, buat saya upload video tiap hari Rp300.000/bulan atau pertahun:
    Rp3.600.000

Jadi, total rencana pengeluaran sebesar Rp7.612.000/tahun
Atau sebesar Rp634.400/bulan

Tentunya, disini saya baru menuliskan seputar kebutuhan server. Saya yakin rekan-rekan juga paham yang bikin video juga butuh makan.. :D

Funding

Sudah lihat total pengeluarannya kan, nah ini gimana rencana saya nutup pengeluaran itu? Saya ngga mau nutup-nutupin, ntar malah dibilang ada gorilla di balik batu.

Begini, saya punya dua rencana:

Iklan

Saya ngga suka iklan, bikin tampilan web jadi berantakan dan terlihat tidak profesional. Sisi lain, user (saya sendiri) banyak yang pakai AdBlock, jadi besar kemungkinan si iklan ngga akan muncul. Kalaupun muncul, biasanya user pada males klik iklannya.

Saya sudah coba kontak iklan yang target programmer seperti CarbonAds dan LaunchBit, tapi tak ada yang nyangkut.. -_-

Donasi

Nah, ini bukan lembaga zakat dan sedekah. Jadi, saya agak bimbang jika konsep donasi diterapkan di malescast. Tapi, bisa jadi opsi sih.

Akun Premium

Opsi ini sederhana, yaitu saya akan buat akun premium. Akun ini akan punya akses ke video tersendiri dan bisa download SEMUA video. Rencana saya, akun premium ini akan berbayar sebulan sekali, hanya saja saya masih bingung berapa harus di charge nya akun premium ini. Bantu saya ya, silahkan Anda isi harga yang layak per bulan untuk akun premium ini disini.. http://goo.gl/forms/rnk1GuP7Sf

Ngga usah khawatir, saya akan tetap buat banyak video gratis koq. Jika biaya produksi sudah ketutup dengan akun premium, pasti saya buat banyak yang gratisnya.. ☺

Bersambung

Baik, itu dulu progress pembuatan malescast untuk episode kali ini. Target saya, ada 1500 waiting list yang muncul di http://malescast.com. Jika saya hitung jumlah sekarang ada 300 orang, maka jika tiap orang ngajak join ke 5 orang, maka target itu akan tercapai.. ☺

Makanya, bantu share ya di media sosial.. ☺