Bagaimana bisa kita itu menganut liberalisme dan komunisme?

no name
Majalah Ganesha 2017
1 min readDec 23, 2017

Menurut saya pribadi, bagaimana bisa di dunia ini harus ada benar-benar komunisme dan liberalisme? Bayangkan suatu 2 keadaan ekstrem. Keadaan pertama, dunia ini semua menggunakan paham komunisme. Di dalam paham tersebut mengatakan bahwa semua dari kita memiliki hak sama. Lalu, kalau seperti itu saya lebih baik tidak melakukan apa-apa. Kenapa? karena saya tahu, apabila saya melakukan sesuatupun saya akan mendapatkan hak yang sama kok. Lalu, jika ada setengah dari jumlah populasi di dunia ini berpikir seperti saya, Apa yang akan terjadi dengan dunia ini? semua bermalas-malasan. Keadaan kedua, dunia ini menganut paham liberalisme. Kalau demikian, bahwa bisa saja yang menjadi budak atau raja sehingga disana terlihat bahwa adanya kasta. Tetapi, apakah hakku setara dengan yang raja? toh, katanya aku manusia, dan manusia punya hak yang sama? Lalu, saya mulai berpikir ternyata di dunia ini harus ada kedua hal itu dan hubungannya adalah timbal balik. Bayangkan sebuah dunia yang menganut kedua paham ini. Dari segi komunis, manusia (saya dan anda) akan memandang bahwa saya dan anda haruslah memiliki hak dasar yang sama tetapi hal itu dibatasi dengan adanya hak yang kita terima berdasarkan usaha kita. Disanalah diisi paham liberalisme. Menurut saya, kedua hal itu haruslah ada layaknya yin dan yang yang diakui dari ajaran Taoisme karena kita tidak akan mendefiniskan manakah yang baik dari kedua paham tetapi kita bisa memproporsikan bahwa kedua dari paham itu haruslah ada.

--

--