Jay-Z & Linkin Park — Collision Course (Album)

Fandy Diadline
CassetteDecks
Published in
2 min readOct 26, 2019

Adalah sebuah kehormatan menulis artikel album ini. Saya memillih album ini sebagai artikel pertama yang saya bagikan karena ada banyak cerita juga. Cerita “expansion pack” tersebut saya pisah ke blog saya.

Memang, album ini dirilis 15 tahun yang lalu. Tetapi awesomeness level over 9000 selalu terasa. Untuk kali pertamanya juga, saya berikan CasetteDecks Medal of Honor kepada album ini.

Aksi di atas pangung lebih berasa feel-nya.

Details:

  • Artists: Linkin Park & Jay Z
  • Release date: November 30, 2004
  • Label: Warner Records
  • Producer: Jay Z
  • Genres: Rock, Hip hop music, Rap rock, East Coast hip hop

Tracks:

  1. Dirt Off Your Shoulder/Lying from You — 4:04
  2. Big Pimpin’/Papercut — 2:36
  3. Jigga What/Faint — 3:31
  4. Numb/Encore — 3:25
  5. Izzo/In the End — 2:44
  6. Points of Authority/99 Problems/One Step Closer — 4:55

Album ini merupakan rekaman dari live performance Jay-Z dan Linkin Park yang kemudian diedit dan diproduksi ulang beberapa bagian oleh Jay-Z dan Mike Shinoda.

Saya masih ingat ada bagian paragraf dari XY Kids yang mengatakan kalau murni dari live performance mereka. Yang ternyata kurang tepat jika menurut beberapa sumber.

Kolaborasi dan mashup ini tergolong “Wow!”, karena sebenarnya MTV meminta mereka untuk melakukan mashup satu-dua lagu saja. Tetapi nyatanya berakhir menjadi 6 lagu.

Kali pertama saya mendengarkan album ini ketika masih berumur 14 tahun. Sempat kebingungan karena saya masih belum familiar dengan Jay-Z. Hahaha. Tapi saya bisa menikmatinya.

15 tahun kemudian saya dengarkan ulang. Akhirnya saya tetapkan sebagai album EP pertama yang bakal saya bagi. Saya sempat punya teman yang hanya familiar dengan album Linkin Park yang berjudul Meteora. Mungkin bisa ditambahkan dengan album ini sebagai referensi.

Dan ahem! Sebenarnya ada beberapa album lain dari Linkin Park yang sudah rilis namun kalah pamor dengan album dari Meteora. Memang saya akui saya sendiri juga menganggap satu album tersebut tergolong masterpiece.

Sehingga maklum jika teman saya tersebut belum familiar dengan album ini. Tapi hey ini sudah 15 tahun.

Kembali ke Collision Course, album ini terdiri dari 6 lagu yang bisa didengarkan secara simultan, karena pada hasil produksi lagu dibuat se-seamless mungkin antar track.

Seingat saya pada kaset pita yang saya dengarkan, memang tidak ada jeda antar lagu. Sehingga semacam menjadi satu kesatuan. Koreksi jika saya salah. LOL.

Oh ya, jangan lupa kalau CassetteDecks tidak menilai dan memberi rating setiap karya seni yang kami bagikan sebagai referensi tambahan playlist kalian.

Kami semacam memberi tahu kalian “Hey dengarkan lagu ini, enak? Aneh? Atau bagaimana?”

Terima kasih sudah membaca 😀

Spotify: Collision Course (Deluxe Version)

Foto: Kevin Mazur/WireImage/Getty Images

Youtube: Linkin Park/Jay Z — Collision Course [Live At Roxy Theatre]

Originally published at http://cassettedecks.wordpress.com on October 26, 2019.

--

--