Sering Artblock? Mungkin Ini Penyebabnya + Solusinya

Find yourself and be that. Masalah tidak akan membuatmu stress jika sudah ada solusinya.

Annyeong haseyo~

Untuk postingan pertama di sini, Chiilea akan membahas tentang artblock beserta penyebab dan solusinya. Buat kalian yang suka menggambar pasti sering ngalamin hal satu ini, kan?


Nah, artblock sendiri adalah keadaan di mana seorang artist benar-benar gak tahu mau bikin karya apa lagi a.k.a gak ada ide, entah karena mood kurang baik atau karena hal lainnya sehingga tidak bersemangat.

Biasanya, artist yang ngalamin artblock ini adalah artist yang sekadar hobi atau yang masih remaja tapi punya 'kenginan' untuk berkarya, contohnya author sendiri.

Udah sering lihat karya temen-teman di Facebook atau Instagram, tapi tetap nggak bangkit buat berkarya lagi. Bingung mau gambar apa. Padahal kamu semua pun pasti ingin sukses dengan cepat, kan, dengan rajin berlatih dari sekarang?

Tapi, kamunya tetap gak berkarya saat itu juga walau sekadar coretan pun? Huft, simak ulasan berikut. Mungkin penyebab berikut ada yang benar dan yang sesuai dengan kamu. Jadi, jangan lupa pahami dan terapkan juga solusinya, ya~

1. Kamu masih berumur belasan tahun

Yup, di zaman ini remaja-remiji pun banyak yang sudah menunjukkan bakat atau minatnya. Dengan kecanggihan perangkat yang ada, kita-kita pun bisa mendapatkan berbagai informasi dari negara luar, sehingga bisa mengikuti trend.

Karena masih berumuran belasan tahun, tentunya kamu sedang masa pertumbuhan, maka kamu pun masih labil, suka plin-plan.

Untuk itu, usahakan untuk mengkreasikan sesuatu yang kamu suka namun sesuai dengan aturan, ya~ Dan jangan ragu-ragu dalam menetapkan pilihan.

2. Kamu bingung karena kamunya ingin menciptakan karya yang sempurna

Sebagai manusia, kamu pun memang tidak pernah puas akan apa yang kamu miliki. Begitu pula dengan karya yang kamu kreasikan.

Kadang, kamu berpikir untuk menciptakan suatu karya yang sangat sempurna dan detail, dengan maksud menarik perhatian orang lain setelah tidak lama berkarya.

Tapi, bukannya berhasil mendapat ide yang benar-benar bagus dan menarik, kamu malah bingung dan tidak jadi berkarya.

Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan ini. Kenapa? Karena....

apa yang kita kreasikan tidaklah harus sempurna. ლ(´ڡ`ლ)

3. Kamu jadi minder setelah melihat karya temanmu lebih 'wow’

Seperti kutipan di atas tadi, kita tidak harus sempurna mengkreasikan sesuatu. Seharusnya, setelah melihat karya temanmu atau bahkan karya orang yang lebih muda dari kamu lebih bagus, kamu harus semangat.

Ya, kita boleh saja iri. Tapi, tentu saja kita jadikan itu sebagai dorongan untuk bangkit berkarya lagi. So, tidak perlu minder, ya~ (๑•̀ㅂ•́)و✧

4. Kamu takut karyamu tidak mendapat perhatian

Nah, yang ini kadang author alamin juga. Padahal, suatu karya gak harus sempurna dan juga akan jadi makin bagus jika kita mendapat kritikan dan saran.

Namun, masih banyak juga yang mudah tersinggung dengan kritik dan saran yang diterima. Hal itu justru bikin gak semangat dan jadi takut dikritik.

Solusinya...

Jadilah diri sendiri. Tidak usah pikirkan komentar orang lain. (^.^)/~~~
Nah, untuk yang lainnya harus berkomentar dengan baik dan usakan jujur tapi sampaikan dengan baik, ya~ (๑•̀ㅂ•́)و✧

5. Kamu jarang mendengar lagu atau menonton video musik

Jujur saja, author yang juga seorang pecinta K-Pop ini sering mendapat ide setelah menonton video musiknya.

Dengan visualisasi yang terkonsep dan alunan musiknya yang enak didengar pun bisa saja menimbulkan ide. Entah itu desain kostum aau desain ruangan.

Dari liriknya pun kamu juga bisa mendapatkan ide, lho.

So, jangan lupa meluangkan waktu untuk menonton video musik dan mendengar lagunya juga, ya~

6. Tugas sekolahmu menumpuk

Nah, ini. Kurikulum 2013 yang sebenarnya bagus ini pun memaksa para pelajar untuk lebih aktif. Apalagi, dengan adanya tugas makalah pun kadang bikin kamu gak punya waktu untuk istirahat.

Bisa saja orang yang suka seni dan sastra adalah orang yang perfeksionis. Dan itu membuatnya rela mengerjakan tugas kelompok sendirian. Entah karena tidak percaya dengan teman satu kelompok atau karena takut ada kesalahan, seperti salah ketik atau kurang bahan materi.

Tiba di rumah, kamu pun masih sempat berselanjar di dunia maya, mencari inspirasi. Tapi, menyadari banyak tugas menanti, kamu pun jadi tidak jadi berkarya lagi.

Kadang, di saat sudah ada waktu luang pun kamunya pun tidak semangat karena lapar. Nah, lho?

Maka, hindari kebiasaan main gadget baru mengerjakan tugas. Tapi, biasakan selesaikan yang penting dulu, baru bermain atau melakukan hobi yang menyenangkan.

7. Kamu kurang sehat

Ya, kamunya kurang tidur atau kurang gizi, mungkin. Fisik pun menjadi lemah, bahkan kepala pun sering sakit.

Dengan keadaan tubuh yang kurang sehat, kamu jadi susah berpikir bahkan gerak.

Untuk itu, istirahatlah yang cukup. Kalau bisa, tidurlah minimal 6 jam sehari. Dan jangan lupa cukupi kebutuhan gizi harianmu. ( ・ิω・ิ)...

Eits, tapi... kadang ada juga, lho, yang jadi semangat di saat sakit. Contohnya author sendiri.

Selama beristirahat, author malah sempat merenungkan dan memikirkan proyek selanjutnya. Tapi, ingat! Istirahat yang cukup tetap harus dipenuhi, ya~

✖ ✖ ✖ ✖ ✖ ✖ ✖ ✖ ✖ ✖ ✖

Fiuh, sekian ulasan penyebab artblock dan solusinya ala AiVi yang sudah berpengalaman ini tapi masih hiatus menggambar. 😂

Semoga bermanfaat. Eits, ada yang mau nambahin? Silakan tambah di komentar, ya~

Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan. Terima kasih.

Regards,
AiVi @karaivi ♡taelormatasavi

Like what you read? Give Savira Suaida a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.