Ez’s Story : Internship Adventure ~

Ezra Rizkiatama
CICIL Tech
Published in
4 min readSep 9, 2019

Well, Hello people in the world! Perkenalkan saya Muhammad Ezra Rizkitatama Putra a.k.a Ezra mengucapkan selamat datang di seri petualangan saya kali ini!

Di kesempatan ini, saya akan bercerita mengenai pengalaman saya magang, atau bahasa kerennya: internship.

So, stay tune in Ez’s Story: Internship Adventure !!

Adventure Time by Cartoon Network

Ini adalah kali pertama saya magang di suatu perusahaan. Perusahaan tempat saya magang ini adalah PT Cicil Solusi Mitra Teknologi atau lebih dikenal dengan nama Cicil. Cicil adalah salah satu startup yang bergerak di bidang financial technology di mana tujuannya adalah khususnya membantu mahasiswa seperti saya ini baik dalam membeli barang maupun biaya kuliah.

Posisi saya di Cicil adalah sebagai Back-end Developer Intern, di mana tugasnya adalah semua yang berhubungan dengan aplikasi di bagian server-side seperti membuat API. Bukan, bukan untuk membakar gedung. API yang dimaksud di sini adalah Application Programming Interface 😃

10 Juni 2019 adalah hari yang tak terlupakan. Hari itu adalah hari pertama saya mulai magang di Cicil. Kenapa tak terlupakan? Karena di hari itu saya tidak tahu bahwa para intern diminta datang jam 10 pagi, sehingga dengan rapi dan muka yang ganteng saya sudah datang di kantor jam 8 pagi, menunggu intern yang lain datang selama 2 jam 😅

Setelah menunggu 2 jam, akhirnya teman-teman intern yang lain pun datang. Saya pun berkenalan dengan mereka yang berasal dari berbagai macam kampus di Indonesia. Posisi mereka pun bermacam-macam, ada yang Back-end seperti saya, Android Developer, Front-end Developer, UI/UX, dan Data Scientist. Saya bersyukur karena teman-teman intern ini terlihat ramah dan orangnya lucu-lucu, pasti tidak akan garing magang bersama mereka.

Kemudian kami dipertemukan dengan mentor masing-masing. Setelah berkenalan dengan mentor, saya juga diperkenalkan dengan Squad tempat mentorku berada. Squad tempat saya di-assign adalah Squad E atau Ender Squad dengan bang Edo sebagai Squad Lead-nya.

                *** YOU JOIN ENDER SQUAD PARTY! ***

Kerjaan saya sehari-hari adalah mengerjakan hal-hal yang diberikan oleh mentor saya. Programming Language yang digunakan di Cicil adalah Go/Golang. Ini pertama kalinya saya menggunakan bahasa pemrograman Go, jadi seminggu pertama saya mencoba mempelajarinya terlebih dahulu. Selain itu, saya juga mempelajari frameworks yang digunakan di Cicil yaitu Beego.

Banyak hal baru baik technical maupun non-technical yang saya dapatkan di Cicil. Kerjaan yang paling berkesan yaitu refactoring API yang sebelumnya memakai bahasa Node.JS menjadi bahasa Go. Banyak sekali yang saya dapatkan di kerjaan tersebut karena selain memakai bahasa Go yang membuat pemahaman saya mengenai bahasa Go menjadi lebih baik lagi. Dalam kerjaan tersebut juga menggunakan architecture baru yaitu clean architecture.

Setiap hari juga ada Daily Stand-up Meeting, di mana kita melaporkan apa saja yang telah dikerjakan hari ini dan apa saja kendala yang mungkin ditemukan. Kenapa Stand-up Meeting? Karena kita melakukannya sambil berdiri agar fokus dan cepat dan tidak berlanjut-lanjut. Karena berdiri jadi harus cepat, soalnya nanti capek kalau lama-lama hehe 😃

                      *** YOU LEVELED UP! ***

Setiap 2 minggu sekali, ada review yang dilakukan bersama HR. Di mana dalam review tersebut kami bercerita mengenai keluh kesah selama bekerja di Cicil. Untungnya saya tidak ada keluh kesah selama di Cicil ini, yang ada hanyalah pengalaman-pengalaman yang berkesan.

Dalam Tech Team ada juga yang namanya Tanggal Tua Treat yaitu makan-makan bersama Tech Team di akhir bulan sebelum hari gajian. Seluruh anggota tech team akan makan bersama dan semuanya GRATIS TIS TIS 😄. Ini merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh saya dan teman-teman apalagi kami ini adalah mahasiswa dengan dompet tipis hehehehehe.

Setiap hari sekitar jam 3 sore, saya dan teman-teman (beserta anggota tech team lainnya) suka berebut snack yang disediakan oleh HR. Siapa yang cepat dia yang dapat hehehe. Selain itu juga, biasanya setiap hari Jum’at malam Bapak CTO tercinta mengajak kami untuk bermain board game yang ada di kantor.

Hari lain yang ditunggu-tunggu semua orang tentu saja adalah hari gajian! Pertama kali mendapat gaji dari Cicil, saya cukup terharu dan merasa, “wah gila jadi gini rasanya kerja terus dapet duit dengan usaha sendiri?”. Berkat Cicil saya jadi bisa merasakan perasaan tersebut. And believe me, it was a good feeling

               *** YOU RECEIVED YOUR QUEST REWARD! ***

Melakukan internship di Cicil merupakan pengalaman yang sangat berharga buat saya. Banyak hal yang saya dapatkan dari internship di Cicil yang tidak mungkin dapat saya pelajari di kelas. Baik itu hal technical maupun non-techincal, semua pastinya dapat membantu saya di masa depan nantinya.

Ditambah lagi teman-teman yang sangat baik, seru, dan lucu membuat pengalaman magang ini semakin berkesan. Baik itu sesama intern, anggota Ender Squad, maupun semua anggota Tech Team. Semuanya membuat pengalaman magang ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

         *** YOU GOT A HUGE AMOUNT OF EXPERIENCE POINT! ***

Sampai di sini petualangan saya kali ini. Terima kasih untuk Cicil telah memberikan sebuah pengalaman yang sangat berkesan dan tak terlupakan.

Mungkin suatu saat nanti saya akan memulai petualangan baru di Cicil ini. Jadi sampai ketemu lagi di petualangan-petualangan berikutnya. See you next time! 👋

        *** YOU REACH YOUR DESTINATION! CONGRATULATIONS! ***

p.s Bonus Picture:

Cicil Intern Team!

--

--

Ezra Rizkiatama
CICIL Tech

Graduate of Faculty of Computer Science, University of Indonesia. Have a great interest in back-end technologies.