Intern Sebentar, Skill Ngejar

Raihan luthfiandi
CICIL Tech
Published in
4 min readFeb 6, 2020

Hmm, apa sih yang kebayang dalam diri kalian tentang judul ini? Iya, mungkin di antara kalian ada yang satu pikiran dan ada juga yang gatau bahkan ga peduli dengan judulnya hahaha. Saya jelasin sedikit dulu, jadi kenapa sih judulnya harus kayak gini? Jadi gini guys, kalian semua tau ga tentang keberadaan CICIL? Ya bener banget, CICIL tuh merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial dengan tujuan memberikan akses kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa di Indonesia. Nah sekarang apa hubungannya CICIL sama judul diatas? Yap betul lagi guys, saya adalah salah satu mahasiswa yang pernah intern di CICIL. Sesuai judul, intern saya hanya sebentar, tepatnya hanya sebulan jalan. Tapi gak ada masalah dengan intern yang cuma sebentar itu, karena apa? Di CICIL tuh kalian akan merasakan atmosfer yang luar biasa ketika menjalani internship karena di sana tempatnya nyaman, orang-orangnya sangat baik, dan emang kerjanya juga buat betah banget deh. Penasaran ga proses gimana magang di CICIL tuh?? Ayo kita simak wkwk.

Jadi kita mulai dari awal, pada pagi hari yang cerah waktu itu bulan November 2019 saya sibuk mencari tempat untuk internship. Kemudian, disaat saya sedang mencari-cari tiba-tiba ada informasi tersebar di internet bahwa CICIL sedang mencari kalian-kalian yang ingin internship, pada saat itu saya simpan tuh informasinya. Kemudian tanggal 26 November 2019, saya kirimkan CV saya ke alamat email CICIL dan memilih Product Manager untuk mengawali internship saya. Waktu itu sih gak tau bakal dipanggil sama CICIL, tetiba dapet panggilan pada bulan Desember untuk interview di CICIL dan pada saat itu saya sedang ada UAS jadi ga bisa dateng langsung ke kantor CICIL. Saya pun janjian interview secara online. Ada dua interview yaitu interview user dan interview HR. Setelah melaksanakan interview, saya pun disuruh menunggu karena hasilnya akan diberitahu nanti. Kemudian saya pun menunggu, pada saat setelah tahun baru CICIL menghubungi lagi saya dan katanya saya bisa intern di CICIL mulai tanggal 7 Januari 2020. Kemudian saya konfirmasi dengan CICIL bahwa saya juga bersedia intern di CICIL.

Nah pas tanggal 7 Januari 2020, saya disuruh datang ke kantor CICIL jam 11 untuk mengawali hari pertama intern disana. Saya disuruh tunggu di Lobby CoHive dulu baru HRdari CICIL menemui saya untuk mengajak ke kantor CICIL. Di sana saya langsung dipertemukan dengan mentor saya yang bernama kak Jovita Mertju dan saya pun diajak berkenalan dengan tim Tech yang ada disana termasuk ada yang intern PM juga. Pada saat itu yang intern ada 5 orang termasuk saya, ada yang intern sebagai HR, ada yang bisdev, PM serta backend dan kemudian ditambah intern di tim data beberapa hari kedepan. Di CICIL ada beberapa kaka tingkat saya semasa di tempat kuliah yang membuat proses adaptasi di CICIL lebih cepat sepertinya. Mereka sharing-sharing juga tentang apapun di CICIL.

Di hari pertama saya dapat banyak sekali wejangan dari kak Jovita yang membuat saya semakin menambah ilmu. Setelah diberi wejangan, saya langsung di suruh mencoba eksplor tentang web CICIL. Nah, setelah itu ada hal yang menarik di CICIL yaitu stand up. Apa itu stand up? Jadi disana kita harus membagikan update kita yang sedang dikerjakan hari ini dan apa saja yang akan kita kerjakan hari ini. Waktu itu saya stand up di dua skuad karena kak Jovita pada saat itu sedang menjadi PM di dua squad yaitu di skuad Alpha dan Catalyst. Dan sebenarnya saya di tempatkan di squad Alpha yang diketuai oleh kak Adi. Di squad Alpha mungkin pada saat itu paling komplit dibandingkan squad lainnya yah karena disini ada back-end, front-end, 2 Android developer, QA, dan PM. Oh iya belum ngasih tau, bahwa di tim tech tuh di bagi beberapa squad, yaitu alpha, buddy, catalyst, ender, fps, dan non squad. Di sini mereka memegang kerja dalam bidang masing-masing, seperti squad alpha salah satunya untuk growth dari CICIL sendiri.

Selain mengerjakan tugas, saya dengan anak-anak intern lainnya di tech sangat akrab. Salah satunya ke kantin dan beli jajanan di mini market yang ada di gedungnya serta ke CoHive kalau lagi gabut. Seringnya sih ke kantin soalnya di sana juga sering anak-anak tech pada makan, minum, dan ngobrol bareng-bareng. Oh iya waktu awal-awal masuk juga ada event internal CICIL, dan salah satunya tuker-tuker kado dan dikasih makan gratis hahahah.

Satu atau dua minggu kedepan kita anak-anak intern diajak makan siang bersama bapak CTO dan HR. Di sana kita selain diajak untuk makan juga kita diajak untuk diskusi hal-hal menarik dan tentunya ngasih ilmu yang luar biasa juga. Bapak CTO juga menceritakan pengalaman sebelum di CICIL sampai pada akhirnya memutuskan untuk di CICIL. Setelah makan siang kita balik lagi ke kantor untuk mengarungi dunia intern seperti biasanya hahaha. Oh iya, di sini selain kak Jovita dan bapak CTO, orang-orang di CICIL juga banyak membagi ilmunya dalam bidang masing-masing. Jadi, skill yang saya dapatkan ga hanya skill PM aja tapi berbagai softskill dan hardskill lainnya mereka tularkan dengan cepat kepada saya. Mungkin ini pengalaman terbaik saya saat intern karena hanya sebentar saja mereka dapat tularkan skill-skill mereka dengan mudah dan cepat. Terima kasih CICIL. Sampai jumpa di lain waktu.

--

--