Analisis Lokasi Starbucks Bandung

Peta Analisis Gerai Starbucks di Kota Bandung
“As the lead of the coffee industry, Starbucks is highly applauded for its site-selection” — Dailin Zhou

Saya mungkin bukan penggila kopi dan buan seorang fans dari produk Starbucks. Namun, Saya tertarik bagaimana perusahaan franchise sekelas Starbucks memilih lokasi gerainya. Kemudian saya menemukan sebuah artikel yang ditulis oleh Dailin Zhou berjudul “Site Selection for Starbucks using GIS” dan Barbara Thau yang berjudul “How Big Data Helps Chains Like Starbucks Pick Store Location — An (Unsung) Key to Retail Success”.Hal ini menarik bagi saya bahwa bagaimana Starbucks menggunakan beberapa kriteria pertimbangan dan Big Data dalam menentukan lokasi terbaiknya. Dalam tulisan Zhou, terdapat model penentuan lokasi starbucks yang menggunakan beberapa kriteria seperti (1) lokasi eksisting starbucks yang sudah ada, (2) lokasi competitor (3) lokasi universitas, (4) lokasi pusat bisnis, (5) populasi pada rentang umur 18 sampai 45 tahun.

Rasa penasaran saya tidak berhenti sampai disana, saya mencoba melihat bagaimana lokasi-lokasi starbucks yang berada di Kota Bandung. Saya coba membuat peta untuk melihat bagaimana keterkaitan lokasi starbucks dengan kegiatan di sekitarnya. Dalam peta ini saya memasukkan data universitas, jumlah penduduk usia produktif 15–64 tahun, lokasi mall sebagai pusat perbelanjaan dan zona perdagangan jasa. Hasilnya seperti yang dapat diliat di http://bit.ly/analisislokasistarbucks.

Dengan menggunakan radius jangkauan 1 km, hasil analisis menunjukkan enam lokasi Starbucks berdekatan dengan universitas seperti Unpad, ITB, dan UNIKOM. Hal ini sesuai dengan target pasar Starbucks yaitu usia muda khususnya mahasiswa. Selain itu lokasi starbucks tersebut berdekatan dengan mall seperti Paris van Java, Cihampelas Walk, dan Braga City Walk yang merupakan pusat perbelanjaan yang memiliki atraksi tinggi. Adapun terdapat satu lokasi yang tidak berdekatan dengan mall maupun universitas, gerai tersebut berada di Bandara Husein Sastranegara. Lalu berkaitan dengan kepadatan penduduk usia produktif, tujuh lokasi gerai Starbucks tersebut berada di kecamatan dengan kategori kepadatan tinggi dan sangat tinggi.