Perbedaan Insert Bamboo dan Insert Microfiber

Apa yang dimaksud dengan insert?

Insert adalah lapisan penyerap pipis, bahannya macam-macam, ada yang berbahan bamboo, ada pula yang berbahan microfiber. Nah, apa sih perbedaan antara keduanya?

Penampakan insert bamboo :)
Penampakan insert microfiber :)

Insert bamboo memiliki karakteristik tekstur yang kesat halus, kontur yang lemas serta tipis. Insert bamboo yang beredar dipasaran, diklaim terbuat dari serat alami bamboo, sedangkan insert microfiber terbuat dari serat sintetis dengan karakteristik sedikit kasar dengan kontur yang lebih kaku dan agak tebal dari pada insert bamboo.

Dari segi berat jenisnya, insert microfiber jauh lebih ringan daripada insert bamboo. Namun demikian, keduanya memiliki daya serap yang sama-sama tinggi.

Insert bamboo tidak bermasalah jika bersentuhan langsung dengan kulit, karena ia tidak membuat kulit menjadi kering. Sebaliknya, insert microfiber akan membuat kulit menjadi kering apabila digunakan dalam keadaan bersentuhan langsung dengan kulit.

Untungnya, produsen clodi memahami betul akan hal ini sehingga mereka mendesain produk clodi yang tepat untuk disandingkan dengan insert microfiber, yaitu clodi model pocket.

Insert microfiber memang didesain untuk bersanding dengan clodi model pocket :)

Walau kelihatannya insert bamboo lebih unggul dari pada insert microfiber, tapi dari segi waktu yang dibutuhkan untuk pengeringannya, insert microfiber justru lebih unggul, yaitu proses pengeringannya lebih cepat ketimbang insert bamboo.

Kekurangan dan kelebihan masing-masing insert bisa Bunda lihat pada tabel berikut:

Insert yang beredar di pasaran memiliki ciri khas masing-masing.

Ada yang menggunakan lapisan insert microfiber murni, ada pula insert microfiber yang dilapisi kain microfleece. Ada insert bamboo murni, ada pula insert bamboo yang didalamnya dikombinasi dengan lapisan microfiber. Ada pula insert microfiber yang terdiri dari tiga lapis kain microfiber, tapi dilapisi bahan bamboo.

Contoh produk insert microfiber yang dilapisi bahan bamboo

Perpaduan antara kedua bahan tersebut mempengaruhi kontur dan ketebalan dari produk yang dihasilkan.

Semoga tulisan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Bunda dalam memilih insert.

Semoga bermanfaat!(*)