Yuk Mengenal Clodi Lebih Dekat!

Modern Cloth Diapers secara harfiah bermakna popok kain modern. Kalau popok kain yang biasa dipakai di jaman ibu-ibu kita dulu itu, bentuknya hanya berupa kain panjang bertali.

Dalam tulisan ini, popok kain yang akan kami bahas adalah popok kain modern dan untuk mempersingkat istilah, kami tidak menggunakan istilah ‘popok kain modern’, tetapi ‘clodi’ yang merupakan singkatan dari cloth diapers.

Clodi baru dikenal di tahun 1998, dan dari tahun ke tahun semakin banyak ibu-ibu muda yang menggunakannya pada bayi mereka.

Lapisan Clodi

Clodi terdiri dari empat lapisan.

Pertama, lapisan yang ada di bagian luar clodi, dan lapisan tersebut menyatu dengan cover. Dikenal dengan istilah outer. Biasanya terbuat dari bahan polyurethane laminated (PUL) yang bersifat waterproof (anti air).

Bahan polyurethane laminated ada yang warna polos, ada yang motif.

Kedua, lapisan yang ada di bagian dalam clodi, dan lapisan tersebut menyatu dengan cover. Dikenal dengan istilah inner, biasanya terbuat dari bahan suede, microfleece, atau bamboo.

Contoh inner yang terbuat dari bahan bamboo.

Ketiga, lapisan yang biasanya berada di antara outer dan inner— dikenal dengan istilah insert— biasanya terbuat dari bahan microfiber, microterry, hemp, atau bamboo. Insert adalah lapisan penyerap urine yang terpisah dari cover, biasanya diletakkan di dalam kantung. Jika diletakkan di atas permukaan inner, sebagian orang menyebutnya dengan istilah soaker.

Jika lapisan penyerap urine dimasukkan ke dalam kantung, maka ia disebut ‘insert’. Jika diletakkan di atas inner, sebagian orang lebih suka menyebutnya dengan istilah ‘soaker’.
ketika lapisan penyerap urine diletakkan di atas inner, maka ia disebut ‘soaker’.

Keempat, lapisan yang diletakkan di atas inner dan langsung bersentuhan dengan kulit bayi. Dalam dunia clodi dikenal dengan istilah ‘liner’ dan biasanya terbuat dari bahan bamboo atau microfleece. Liner juga mirip seperti insert, karena ia merupakan lapisan yang terpisah dari cover.

Contoh liner berbahan microfleece.
Penampakan liner yang diletakkan di atas inner.

Cara Kerja Clodi

Secara singkat, cara kerja clodi sama seperti popok sekali pakai (pospak), yaitu menyerap urine dan menahannya selama beberapa jam.

Bedanya, jika pospak mengandalkan bahan semacam gel sebagai penyerap urine, maka clodi mengandalkan insert.

Adapun cara kerja clodi secara detail adalah sebagai berikut :

Saat bayi buang air kecil, urine akan diserap oleh inner. Karena inner terbuat dari bahan yang memberikan sensasi kering (stay dry) seperti microfleece dan bamboo, maka bayi tetap akan merasakan sensasi kering sehingga ia tidak rewel seusai pipis.

Urine yang diserap inner akan diteruskan ke insert — inilah bagian clodi yang berfungsi menyimpan urine.

Urine yang telah disimpan oleh insert tidak akan menembus ke luar clodi, karena selain tertahan oleh insert, juga terhalang oleh outer yang bahannya bersifat waterproof.

Urine yang telah tersimpan oleh insert juga tidak akan mengalir keluar melalui lingkar paha, karena terdapat gusset yang berfungsi mencegah terjadinya kebocoran samping.

Tipe gusset yang terdapat pada clodi.

Adapun liner, berfungsi sebagai pencegah agar pup tidak terlalu mengotori inner atau soaker, atau dalam kata lain, sebagai pencegah agar pup tidak meninggalkan noda di atas inner atau soaker sehingga memudahkan Bunda dalam membersihkan inner atau soaker. Liner juga berfungsi sebagai pelindung inner atau soaker dari paparan krim jika bayi kebetulan sedang memakai krim khusus.

Daya Serap dan Tampung Clodi

Secara umum, 1 insert clodi dapat menyerap dan menampung sekitar 150 cc. Normalnya, produksi urine seseorang adalah 0.5–1 cc/kg berat badan setiap jamnya.

Sebagai contoh, jika berat badan anak adalah 10 kg, maka banyaknya urine yang dikeluarkan adalah 5–10 cc/jam atau 20–40 cc/4 jam.

Jika berat badan anak adalah 20 kg, maka banyaknya urine yang dikeluarkan adalah 10–20 cc/jam atau 40–80 cc/4 jam.

Jika berat badan anak adalah 30 kg, maka banyaknya urine yang dikeluarkan adalah 15–30 cc/jam atau 60–120 cc/4 jam.

Walaupun insert mampu menampung sekitar 150 cc, tetapi dalam pemakaiannya, dianjurkan maksimal 4 jam saja. Jadi, setelah pemakaian 4 jam, clodi harus segera diganti. Juga, setelah bayi pup.

Tujuannya, selain agar bayi terjaga kenyamanannya, juga agar terhindar dari ruam popok.

Penjelasan selengkapnya tentang mengapa clodi dan semua popok harus diganti setelah 4 jam bisa Bunda baca di sini.

  • Khusus newborn, karena relatif lebih sering buang air kecil dan besar, maka kemungkinan besar harus lebih sering ganti clodi, sekitar 1–2 jam sekali.
  • Pertanyaan : Bisakah clodi dipakai untuk tidur malam hari? Apakah kalau dipakai tidur malam, clodinya boleh diganti keesokan harinya? Jawaban : Bisa. Clodi bisa digunakan untuk tidur malam dengan syarat, sebelum tidur, bayi harus diajak pipis di kamar mandi terlebih dahulu. Dengan cara ini, pipis bayi akan lebih sedikit di banding biasanya bahkan akan tidak pipis sama sekali sehingga clodi akan tetap kering sepanjang malam.

Bagaimana Cara Memakaikan Clodi?

Cara memakaikan clodi mudah, laki-laki saja bisa melakukannya. :)

Cara memakaikan clodi ke bayi sangat mudah. Ada beberapa versi, tetapi secara umum ada enam tahapan.

  1. Masukkan insert ke dalam kantung atau letakkan soaker di atas inner.
  2. Bentangkan clodi di atas kasur atau tempat tidur. Posisikan inner menghadap ke atas dan outer menghadap ke bawah.
  3. Letakkan liner di atas inner atau soaker.
  4. Baringkan bayi di atas clodi, lalu pasangkan pengaitnya.
  5. Atur posisi snap sehingga clodi terpasang secara pas dan rapi di tubuh bayi.
  6. Bayi selesai memakai clodi dan siap beraktivitas seperti biasa.

Ukuran Clodi

Clodi berbeda-beda ukurannya. Ada clodi yang diperuntukkan untuk bayi dengan berat badan 2,5 — 10 kg, 4 — 15 kg, 7 — 20 kg, dan 12 — 30 kg. Bahkan, ada clodi yang ukurannya lebih besar dari ukuran terakhir yang disebutkan itu. Biasanya, clodi tersebut diperuntukkan untuk kalangan remaja dan dewasa.

Bagaimana Cara Merawat Clodi?

Perawatan clodi mudah. Clodi bisa dicuci dengan menggunakan tangan atau mesin cuci. Tahapan-tahapannya bisa Bunda baca di sini.

Manfaat Menggunakan Clodi

  1. Bayi terhindar dari iritasi atau ruam popok.
  2. Hemat.
  3. Aman untuk bayi karena clodi tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.
  4. Nyaman untuk bayi karena clodi terbuat dari bahan yang lembut dan sejuk di kulit.
  5. Pospak termasuk sampah yang sulit terurai. Dengan menggunakan clodi, Bunda turut membantu melestarikan lingkungan.

So, as smart parent, modern cloth diapers would be a good-choice for you and your baby.

Apa Pendapat Ibu-ibu yang Anaknya Sudah Pakai Clodi?

Demikian penjelasan tentang apa itu clodi, cara kerja, ukuran, cara perawatan, dan manfaat menggunakan clodi. Tidak lupa juga kami sertakan testimoni asli dari ibu-ibu yang anaknya sudah pakai clodi.

Tertarik untuk beralih ke clodi?

Tunggu apa lagi? Yuk segera beralih ke clodi karena clodi terbukti lebih sehat dan lebih hemat!


Untuk pemesanan, silakan hubungi Clodia Store di Pin BB 58549D36, atau Whatsapp 085693752545.

7 alasan mengapa membeli clodi di Clodia Store

  1. Admin jujur dan ramah.
  2. Sudah dipercaya oleh ratusan ibu-ibu dari berbagai daerah di Indonesia. Ini buktinya ► bit.ly/Pengiriman-Clodi
  3. Produk 100% Original dan Berkualitas.
  4. Semua pesanan clodi dikemas dalam bentuk paket yang rapat dengan menggunakan plastik pembungkus yang kuat (susah untuk dirobek), sehingga isi paket AMAN. Apabila kurir mengantarkan paket dalam keadaan hujan, maka air hujan tidak akan masuk ke dalam paket, sehingga kain clodi tetap kering dan tidak basah. Adapun pesanan Ecowash dan Ecostick, maka kami membungkusnya dengan menggunakan plastik pembungkus berkualitas dan kami juga menambahkan bubble wrap berlapis sehingga isi paket AMAN dan tidak pecah. Terbukti dari ratusan paket yang kami kirim, tidak pernah ada satupun laporan dari pembeli bahwa paket yang ia terima isinya dalam keadaan basah, kotor, atau rusak.
  5. Stok barang milik sendiri, bukan dropship, sehingga kami bisa menyiapkan pesanan, mempaketkannya, mengirimkan ke perusahaan ekspedisi, dan memberitahukan no resi ke pembeli dengan cepat. Semua pembeli kami tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mendapatkan no resi, dan juga tidak perlu meminta no resi. Jadwal pengiriman di Clodia Store adalah senin-sabtu jam 9 pagi. Begitu paket sudah masuk proses pengiriman oleh perusahaan ekspedisi, maka no resi paket tersebut akan segera diinfokan ke pembeli.
  6. Admin teliti dalam memproses pesanan, sehingga tidak pernah sekalipun ada kejadian paket tertukar atau salah memasukkan barang pesanan pembeli.
  7. GARANSI paket pasti sampai. Jika paket hilang saat proses pengiriman, kami kirim ulang pesanan Bunda secara GRATIS.

Pesan segera, karena persediaan terbatas!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.