Mencoba Gorilla Player : Live XAML Preview on Devices for Xamarin.Forms

Hello World, pada postingan kali ini kita akan mengulas mengenai Gorilla Player. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengembang Xamarin Forms adalah tidak mau terkoneksinya Xamarin.Forms previewer meskipun aplikasi yang kita buat sudah di build terlebih dahulu. Salah satu tools yang dapat digunakan sebagai alternative dari Xamarin.Forms previewer adalah Gorilla Player. Dengan Gorilla Player kita dapat melihat hasil layout langsung kedalam device kita.

Saat artikel ini ditulis versi dari Gorilla Player yang terbaru adalah versi V1.0.0.15, dan kita bisa mendownload Gorilla Player pada link berikut : 
http://gorillaplayer.com/download.html

Setelah Gorilla Player terinstall, kita harus menginstall addin untuk IDE yang kita gunakan baik itu Visual Studio maupun Xamarin Studio. Selain itu terdapat juga Gorilla SDK yang berisi contoh kode project Xamarin.Forms. Silahkan install addin sesuai dengan IDE yang digunakan.

Jika addin sudah berhasil diinstall, maka kita sudah dapat menggunakan Gorilla Player untuk project yang dibuat. Untuk menjalankannya kita dapat langsung menjalankan aplikasi Gorilla Player pada start menu. Secara default Gorilla Player akan berjalan pada jaringan local dengan port 9014, namun kita juga dapat mengubah port default dengan mengubah file config.json yang terdapat pada folder Users\<YOUR_USER>\.gorilla\config.json

Untuk mengecek apakah Gorilla Player berhasil dijalankan, kita dapat membuka alamat localhost diikuti dengan portnya. Jika Gorilla Player berhasil dijalankan maka akan muncul halaman sebagai berikut :

Kita juga bisa melihat daftar Device yang terkoneksi dengan Player. Selanjutnya untuk dapat menggunakan Gorilla Player, kita harus menginstall aplikasinya pada target device yang akan dijadikan player. Untuk versi android dapat di download pada link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=uxdivers.gorilla

Target device yang akan dijadikan player dengan komputer haruslah tersambung pada jaringan yang sama. Untuk mengkoneksikan device dengan komputer kita dapat memasukkan IP Address beserta dengan portnya.

Sekarang setelah device berhasil terkoneksi langkah terakhir adalah menjalakan preview untuk XAML yang diinginkan. Silahkan buka project Xamarin.Forms anda. Kemudian koneksikan visual studio dengan Gorilla Player dengan cara mengklik tools -> Gorilla Player -> Connect to Gorilla. Untuk melihat preview dari XAML yang sedang dibuat kita dapat membuka file XAMLnya kemudian klik tools-> Gorilla Player -> Stick to this XAML. Jika berhasil maka akan terlihat logo Gorilla Player pada pojok kanan atas Visual Studio dan kita bisa melihat langsung preview desain pada device yang terkoneksi.

Ok guys terimakasih telah membaca semoga artikel ini bermanfaat.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.