Template MVP untuk Android Studio

Behind The Scene

Dalam beberapa pengembangan produk terakhir di CodeLabs, Android developer di CodeLabs mulai menerapkan MVP (Model-View-Presenter). Dulu, rata-rata dari kita selalu memasukkan seluruh kode logic di dalam activity dan baru sadar itu tidak baik untuk pengembangan produk kedepannya, jadi kita sepakat untuk menerapkan MVP.

Kita menemukan sample yang bagus dari Google Samples di github https://github.com/googlesamples/android-architecture. Dalam peng-implementasian MVP, kita semua mengacu pada sample tersebut. Untuk penggunaan selanjutnya dan kemudahan dalam membuat project, kita memutuskan untuk membuat template berdasarkan Google Samples itu, jadi kita belajar bagaimana membangun template project di android studio. Setelah beberapa malam berselancar di internet, kita menemukan sample yang bagus di repo mas Yatno Sudar https://github.com/sudargits/MVPTemplate.

The Template

Setelah beberapa jam, template berhasil dibuat. Kamu bisa cek di link berikut https://github.com/unikom-codelabs/android-mvp-template untuk melihat template-nya. Jika kamu tertarik untuk menggunakan template ini, kamu bisa melakukan 3 langkah berikut:

  1. Clone repository-nya
  2. Copy folder MVPActivity ke {Android Studio Directory} \ plugins \ android \ lib \ templates \ activities \
  3. Restart Android Studio

Terima kasih, kalau ada saran mengenai template-nya bisa komen di kolom komentar. 😄