Belajar Kerjasama Tim dari game Ragnarok X: Next Generation

Yolanda Audita
codexstories | CODEX Telkom
3 min readNov 4, 2021
source: bluestacks.com

Ada yang sudah pernah main game ini?

Bulan Juni kemarin saya mencoba untuk memainkan game Role-Playing Game (RPG) yang sedang happening di 2021 yaitu Ragnarok X: Next Generation.

Sebenarnya saya mulai main game RPG lagi tujuannya untuk menghilangkan rasa bosan sekaligus untuk bersosialisasi dengan teman-teman di kala pandemi. Ya, pandemi ini memang cukup berat untuk kita semua, salah satu dampaknya tidak bisa bertemu dengan teman secara langsung.

Niat bermain game for fun tadi ternyata tidak berjalan sesuai dengan harapan, setelah satu bulan bermain saya menghadapi fase stres ketika level saya sudah cukup untuk melawan boss Osiris. Mari kita bahas cara melawan boss Osiris, di bawah ini.

Cara melawan boss Osiris

Cara mengalahkan Osiris ini cukup berbeda dengan boss-boss yang pernah saya lawan sebelumnya. Jika boss-boss sebelumnya cukup dipukul-pukul saja bisa mati, untuk boss Osiris ini memerlukan strategi khusus untuk melawannya, yaitu dengan membagi peran masing-masing role.

Role Knight
berperan untuk menahan serangan dari boss dan menjaga agar boss tidak menyerang member yang lain

Role Wizard/Hunter
berperan untuk menyerang boss dari jarak jauh sembari menahan laser

Role Blacksmith/Assassin
berperan untuk menyerang boss dari jarak dekat

Role Priest
berperan untuk menjaga agar semua member di dalam tim dapat bertahan hidup

Dari sini, masing-masing role harus berperan sebagaimana mestinya, jika tidak maka akan terjadi kekacauan.

Loh kok rasanya familiar ya?

Beberapa macam Role yang ada di game Ragnarok X: Next Generation

Pembagian tugas untuk setiap role ini ternyata terasa sangat familiar di dunia kerja. Jika kita tidak berperan sesuai dengan role, maka tentu saja akan terjadi kekacauan. Contohnya, jika saya sebagai Content Creator mengabaikan tugas saya yaitu membuat konten dan malah menyerobot tugas teman saya yang Human Resource (HR) tentu saja alur kerja di masing-masing tim akan menjadi kacau. Selain mengabaikan tugas sendiri, saya juga memperlambat pekerjaan orang lain akibat ketidakmampuan saya dalam bidang yang saya serobot itu.

Dulu saya pikir akan terlihat sangat hebat jika kita bisa melakukan banyak role dalam pekerjaan sekaligus.

Tetapi, setelah bermain Ragnarok X: New Generation ini saya sadar lebih baik kita melakukan pekerjaan sesuai Role dan Scope kita secara maksimal daripada menunjukkan banyak kemampuan, namun mengabaikan tugas utama kita.

Jadi, pesan dari bermain game ini yaitu pentingnya kerjasama antar tim untuk mewujudkan suatu tujuan, paham dan fokus dengan tugas diri sendiri, juga tidak mengambil tugas orang lain ketika tugas sendiri belum selesai.

Semoga tulisan ini bermanfaat, yaa!

--

--