January 2015

Setting-up Codex Vitae

Ricky Saif
Codex Vitae
3 min readDec 1, 2015

--

<< Back to Codex Vitae index

Ringkasan:

  • Ada kecewanya karena target untuk menyiapkan Testimoo.com & AgileCampus.org 3/4 gagal.
  • Tapi kecewanya sedikit karena saya pikir bulan ini saya sudah cukup keras berusaha. Manajemen waktu dan produktifitas saya juga masih lebih baik dibanding orang-orang sekitar saya.
  • Tapi bukan berarti saya tidak bisa lebih baik lagi. Harus menginternalisasi konsep 7 kepala Hydra si BusterBenson nih…

Keluaran Gol Bulan Ini:

  • Konsisten dengan Codex Vitae: Bagian ritual hariannya gagal — hanya bertahan seminggu. Sisanya oke. Tanpa direncanakan juga setup codexvitae.com bulan Januari.
  • AgileCampus.org goes MVP: 1/2 gagal. Bagian training management systemnya belum.
  • Testimoo.com goes MVP: gagal.
  • Wajib tidur minimal 8 jam setiap harinya: gagal.

Gol Bulan Depan:

  • Konsisten dengan Codex Vitae
  • Wajib tidur minimal 8 jam setiap harinya

Momen:

  • pre-1st: New Year Eve! Salah satu malam tahun baru terbaik dalam hidup sejauh ini. Indah sekali melihat kembang api dari gedung tertinggi di daerah Bandung Barat. Seru juga karena sembari menggila berisik-berisik bersama teman-teman baru di tempat kerja sekarang. Salah satunya sampai membuat tulisan blog tentang ini.
  • 1st: Kegilaan berlanjut dengan obrolan-obrolan bersama teman-teman baru di Indigo Incubator 2014 ini. Dari siang sampai magrib kita mengobrol tentang mendekati wanita, seks, cinta, ibu, teori lahirnya konsep pernikahan, homoseksualitas. Di tengah-tengah saya sempat curhat mengenai kehidupan percintaan saya. Nasihat-nasihat Yuricho & Asyraf benar-benar membunyikan bel di dalam diri saya. Sekilas menjelaskan kenapa selama ini saya ditolak atau diacuhkan oleh wanita yang menarik buat saya. Kesimpulan yang didapat: harus lebih banyak lagi jalan dengan wanita. Saat yang hampir tepat sebenarnya. Beri saya waktu beberapa bulan untuk mendirikan fondasi dari bisnis pribadi saya, lalu saya — untuk pertama kalinya — akan menjadikan pencarian wanita menjadi salah satu prioritas hidup.
  • 2nd: Tidur cepat tanggal 1 Januari membuat saya terbagun tengah malam. Ini saya gunakan untuk menulis Codex Vitae & Monthly Report ini.
  • 9th: Hari ini cukup ‘down’. Seminggu lalu, codex vitae tertunda lagi saat hampir selesai. Maklum, sudah mulai hari senin. Tim X-Igent sudah ada deal untuk free trial di akhir minggu. Seminggu ini memang kerja lagi. Seru, meskipun minggu-minggu lalu lebih seru karena banyak riset. Kemarin saat ikut tim ke klien saya jadi tersadar, minggu pertama Januari sudah habis dan saya belum memulai sama sekali target untuk Startup saya. Saya harus mengingat-ingat kembali alasan saya keluar dari tempat kerja tahun lalu. Malamnya, pulang dari klien, saya langsung curhat tentang kendala internal saya ini. Senangnya mereka mau mengerti.
  • 10th: Pagi-paginya sesi khusus Sprint Retrospective personal. Fondasi Retrospective yang bagus adalah tim yang saling mengenal dan menerima the good, the bad, and the ugly masing-masing. Oleh karena itu, saya mengadakan sesi ‘sharing personality’. Sebagai host, saya banyak menggunakan konsep MBTI tanpa mereka sadari. Saya juga menyuruh mereka untuk menulis tujuan hidup masing-masing — yang Senin nanti akan digunakan untuk membuat Codex Vitae mereka. Momen yang menyenangkan, melihat ekspresi muka mereka saat saling memuji dan membuka kejelekan masing-masing. Senang!
  • 10th: Selepas siang bersama tim X-Igent, saya entah mengapa tidur sampai jam 5 sore. Setelah itu saya lanjutkan Codex Vitae saya dan setup codexvitae.com. Kondisi di inkubator sedang sepi karena akhir pekan. Pas sekali untuk intim dengan diri sendiri. Momen!
  • 11th: Setelah siangnya kurang produktif karena sebelumnya bergadang set-up codexvitae.com, malamnya dapat momen karena ngomong panjang lebar dengan Asyraf terkait Codex Vitae ini. Senang karena dia langsung bisa melihat visi besar dari ini. Itulah bahagianya tinggal-kerja sama orang-orang yang senang startup.
  • 12th: Harus mengecilkan ego untuk meminta maaf terhadap kesalahan. Di sisi lain, saya sedang sakit pula. :(
  • 14th: Sudah dua hari ke belakang ada mainan baru di inkubator: meja ping-pong. Sudah lama tidak merasakan momen-momen yang tipikalnya bermain olahraga fisik bareng-bareng. Banyak canda tawa. Video instagram ini buktinya.
  • 16th: Tidak menyangka bantuan saya membantu persiapan presentasi lomba amat diapresiasi oleh ybs. Jadi terpikir untuk bikin training presentasi. :p
  • 21th: Pertama kali makan buffet di Hanamasa. Nikmatnya cuma 30 menit pertama. :D
  • 21th: Di sebuah kafe, menulis di tisu rencana jangka panjang, menengah, dan pendek. Self Mode!
  • 26th: Makan malam perpisahan dengan tim X-Igent. :’-) Semi-perpisahan karena saya masih di Bandung dan kayaknya akan sering main ke BDV juga.
  • 30th: Curhat bersama Ardi Alhaidar. Menarik dan menenangkan seperti biasa.
  • 31th: Ada yang beli buku EELcommunity.com saya dengan langsung bertemu. Momen bersejarah, karena di awal tidak terpikir akan bisa jadi seperti ini. Kita lihat ke depan bergulirnya ke mana.
  • 31th: Ngobrol dengan mantan bos Joshua Partogi. Bahas bisnis rintisan saya (yang jadi alasan utama kenapa saya keluar dari perusahaan dia). Dapat banyak sudut pandang menarik.

--

--