Content Marketing untuk MendukungBisnis Online di Indonesia

Novita Margareth
Nov 23, 2019 · 3 min read

Menjalankan bisnis online kini menjadi hal yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia.

Apa itu bisnis online, apa itu content marketing, dan bagaimana keduanya dapat saling mempengaruhi akan secara mendalam dibahas dalam tulisan ini.

Topik ini menjadi isu penting untuk dibahas mengingat semakin bertambahnya jumlah penjual di Indonesia yang mulai merintis bisnisnya di ranah platform online. Disadari pula bahwa bisnis online memberikan kontribusi yang cukup besar bagi negara di setiap tahunnya.

Memulai Bisnis Online di Indonesia

A. Pengantar Bisnis Online

Pemahaman yang mendalam akan ketiga unsur diatas harus terlebih dahulu dimiliki seseorang sebelum ia memutuskan untuk membuka bisnis online-nya.

Karena telah banyak yang lebih dahulu memiliki bisnis online, maka sebagai seorang pebisnis online, seseorang harus memahami betul bagaimana dasar berbisnis online itu sendiri dan dengan disertai pemahaman akan strategi apa yang dapat dilakukan agar bisnisnya tidak hanya melesat pada awal dijalankan, melainkan dapat bertahan bahkan sampai menepati posisi stage of maturity of product nantinya.

Tulisan ini akan memberikan pemahaman terlebih dahulu terkait apa itu konten marketing. setelahnya akan dilanjutkan dengan pemaparan terkait apa itu bisnis online, strategi-strategi aplikatif seperti apa yang dapat diterapkan untuk mensukseskan suatu bisnis online melalui berbagai platform online, dan akan diakhiri dengan bagaimana suatu konten marketing dapat dibangun untuk mensukseskan suatu bisnis online itu sendiri.

B. Definisi Content Marketing

Konten marketing secara singkat dapat dikatakan sebagai penggunaan konten dengan sedemikian rupa untuk tujuan pemasaran, baik itu pemasaran produk, jasa, atau bahkan popularitas dari seorang tokoh masyarakat atau selebriti.

Namun dalam definisi baku, konten marketing dapat dikatakan sebagai strategi pemasaran dimana seseorang merencanakan, membuat, mendistribusikan konten yang dapat menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi loyal konsumen kita.

Terdapat 2 tujuan dari konten marketing itu sendiri, yaitu:

Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda

TAHAP 1 — Menggunakan strategi yang terukur dan dapat direalisasikan adalah cara terbaik untuk menarik audience agar lebih mengenal bisnis Anda. Dengan budget terbatas, gunakan channel tidak berbayar seperti Instagram, Faceboo, Line, dan direct approach menggunakan Whatsapp.

Mendorong audiens untuk menjadi kustomer dari bisnis anda

TAHAP 2 — Ini adalah level berikutnya setelah Anda sukses pada tahap menarik orang untuk lebih mengenal bisnis Anda. Namun bukan berarti tugas Anda tuntas. Pada tahap ini, pekerjaan Anda akan lebih besar dan rumit. Karena saat salah satu konsumen awal Anda gagal dimaksimalkan, maka mungkin Anda harus memulai semuanya dari awal.

Konten marketing pada era ini dianggap sebagai suatu strategi yang paling efektif dijalankan untuk melakukan promosi terhadap suatu produk. Pada cara-cara sebelumnya, atau yang lebih dikenal dengan cara pemasaran tradisional, pemasaran dilakukan dengan cara hardselling, yaitu dengan memperkenalkan dan langsung mempromosikan keunggulan dari produk yang dijual.

Namun, dengan menggunakan strategi konten marketing, promosi terhadap produk kini dapat dilakukan dengan cara yang dalam dunia marketing lebih dikenal dengan istilah softselling, yang berarti mempromosikan produk dengan cara yang lebih memposisikan diri pada sisi konsumen, tidak lagi hanya memberikan informasi tentang keunggulan produk, tetapi juga memikirkan informasi lainnya yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen ketika kita mempromosikan produk kita.

Cmlabs telah membuat panduan lengkap tentang Content Marketing pada halaman lainnya. Silahkan pelajari dan unduh PDF gratis via HP dan Laptop.

Cek artikel berikutnya mengenai Fenomena Bisnis Online pada halaman dengan tautan ini.

Content Marketing Labs

Creating Content in a Better Way

Novita Margareth

Written by

Just like love stories, writing that written with the heart, will that easily find its own place to be loved.

Content Marketing Labs

Creating Content in a Better Way

More From Medium

More on Indonesia from Content Marketing Labs

More on Indonesia from Content Marketing Labs

More on Indonesia from Content Marketing Labs

Fenomena Bisnis Online di Indonesia

Also tagged Marketing Strategies

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade