Cara Menambahkan Appliances di GNS3

Hai guys, balik lagi nih dengan mimin. Sebelum melanjutkan artikel ini, mimin sudah berharap kalian sudah menginstall GNS3 dan program Hypervisor tipe 2 (VMware dan Virtual Box)yang sudah ada vm GNS3VM. Lanjut… Jika kalian sudah sering menggunakan GNS3, misalkan kalian mau ada Router OS( Mikrotik ) dalam GNS3, kalian harus terlebih dahulu menginstall Router OS di VMware atau Virtual Box dan lakukan import . Ternyata ada cara mudah nya loh. Kalian hanya perlu mengunduh yang di perintahkan GNS3, dan langsung siap di pakai.

Jadi Appliances itu kumpulan list — list yang sering di gunakan dalam uji praktik maupun lab. Misalkan dalam project GNS3, kita membutuhkan Mozilla Firefox, maka dari itu dengan GNS3 Appliances, akan terinstall otomatis, dari sistem operasi dasarnya hingga siap pakai yang kita inginkan. Appliances yang di install benar-benar resmi dari gns3 nya ya guys!!

Yuk!! Ikut mimin step — step nya bagaimana kita mengimport atau menambahkan appliances di GNS3. Disini mimin ingin mengintall / menambahkan template router Mikrotik pada GNS3.

GNS3

1.Pertama — tama, karena ini resmi appliances nya, maka kalian dapat mengunduh nya di laman resmi GNS3 yaitu www.gns3.com . Kalian pilih Marketplace dan Appliances

2. Karena pada artikel ini kita ingin menginstall Router OS (Mikrotik ) maka kita mencari mikrotik. Lakukan pengunduhan, nanti akan terotomatis mengunduh file “mikrotik-gns3.gns3a”

3. Setelah itu buka program GNS3 kalian, Kita akan melakukan import Appliances dengan pilih file → import appliances. Arahkan ke tempat kalian mengunduh fail “.gns3a”

4. Akan muncul kesimpulan appliances yang akan di instal di dalam GNS3 ini, pilih Next untuk melanjutkan.

5. Silakan melakukan pemilihan versi yang ingin kalian install. Pada step ini saya ingin mengistal Mikrotik Os versi 6.40. Arahkan panah kalian ke tulisan “chr.xx.img” Nanti akan muncul pilihan download. Pilih download

6. Tidak perlu panik karena ada beberapa appliances yang memang di compress atau langsung sesuai di harapkan yang seperti di list berbentuk .img. Jadi untuk appliances khususnya mikrotik setelah selesai mengunduh fail-nya, kita harus melakukan pengekstrakan terlebih dahulu.

7. Setelah selesai di ekstrak maka pilih tombol refresh, maka program GNS3 akan mengenali dengan di tandai dengan tulisan “Found”. Atau jika tidak muncul kalian boleh memilih import dan di arahkan ke fail yang sudah kalian unduh. Selanjutnya kalian pilih Next ya dan pilih Yes

8. Selamat Anda sudah menginstall template mikrotik di GNS3, tinggal di lakukan drag ke layout project dan mikrotik siap di pakai. Anda juga dapat mengkonfigurasi jika ingin menambahkan interface pada mikrotik dengan klik kanan dan pilih configure templates.

Akhir Kata

Nah, itu dia steps dari mimin cara menambahkan appliances di gns3 . Semoga tips ini bisa membantu kamu dalam mencoba maupun belajar dalam dunia jaringan, tanpa bermodalkan atau membeli alat. Silahkan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi.