Assignment 1: Perkenalan

Darryl Moniaga
Courage to Write
Published in
2 min readFeb 6, 2024

Selamat pagi/siang/sore/malam semuanya, nama saya Darryl Andhika Moniaga, biasa dipanggil Darryl atau Darmon. Saya sedang menjalani pendidikan di jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung, khususnya di kelompok konsentrasi Fisika Bumi dan Sistem Kompleks. Sekarang saya sudah memasuki tahun keempat dalam pendidikan saya di jurusan Fisika, dan sedang merancang Tugas Akhir 2 untuk kelulusan saya. Salah satu komponen dari kelulusan saya adalah mengambil mata kuliah wajib ini, yaitu Simulasi dan Pemodelan Sistem Fisis.

Alasan saya mengambil mata kuliah ini di semester genap adalah dikarenakan jadwal yang menabrak dengan mata kuliah lain yang saya harus ambil, yaitu Gelombang. Selain ini merupakan mata kuliah wajib, saya tertarik untuk mengambil mata kuliah SPSF di kelas ini dikarenakan saya belum pernah belajar di kelas Pak Dudung, maka dari itu saya tertarik untuk diajari oleh beliau. Alasan lain mengapa saya mengambil mata kuliah ini di semester genap adalah karena mata kuliah yang saya ambil sudah sedikit, maka dari itu ada harapan dari saya agar mata kuliah ini dapat saya jalankan dengan baik dan benar.

Setelah membaca silabus dari mata kuliah ini, ada beberapa topik yang menarik perhatian saya. Salah dua topik tersebut adalah metoda numerik dan Finite Element Method (FEM). Alasan saya tertarik dengan dua topik tersebut adalah karena kaitan nya yang erat dengan Tugas Akhir yang saya sedang kerjakan. Karena Tugas Akhir saya mempunyai basis metode numerikal, maka sebenarnya setelah melihat silabus mata kuliah ini, banyak sekali yang berkaitan dengan topik besar tersebut. Saya juga tertarik terutama pada metoda numerik dan terapannya agar saya lebih memahami terkait dengan topik tersebut, sehingga saat sidang akhir saya dapat lebih mahir dalam menjelaskan topik tersebut dan kaitannya dengan Tugas Akhir saya.

Gambar 1. Hasil Tugas Akhir 1 dengan Judul “Dinamika Aliran Udara di Sekitar Sirip Formula One”

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, topik transformasi Fourier dan Finite Element Method (FEM) merupakan topik yang erat kaitan nya dengan Tugas Akhir yang saya sedang kerjakan, dengan judul “Dinamika Aliran Udara Di Sekitar Sirip Formula One.” Pada dasarnya, topik saya menggunakan Finite Volume Method (FVM) dalam meneliti aliran udara tersebut, tetapi akan menarik untuk saya mempelajari FEM karena dua metode tersebut merupakan metode yang serupa tapi tidak sama, sehingga akan menambah referensi saya dalam mengerjakan Tugas Akhir saya. Metoda numerik juga merupakan dasar dari metode yang saya gunakan dalam Tugas Akhir saya, maka dari itu saya merasa bahwa memahami dasar tersebut adalah hal yang sangat penting untuk membantu saya menjelaskan metode Tugas Akhir saya.

--

--