Ternyata Do’a itu luas.

Kita butuh do’a disetiap sendi kehidupan kita.

Hamidun Ervanda
Short Notes
2 min readMay 8, 2018

--

Modal Do'a.

Dulu saat saya masih anak-anak mejelang remaja, saya berfikir berdo’a hanya untuk tidak masuk Neraka dan meminta kepada Allah supaya dimasukkan surga. Kemudian saya merasa malas dan bosan mengikuti kajian, karena dipikiran saya kalau ada ceramah pasti yang dibahas adalah sholat kemudian berdoa masuk surga.

Seiring berjalannya waktu dan bertambanya usia, saya menyadari banyak sekali alasan lain kenapa saya atau kita semua harus berdo’a. Misalnya tamat SMP kemudian pengen melajutkan ke SMA terfavorit di provinsi kita lalu kita berdo’a.

Banyak contoh lain, misalnya Pengen kuliah kemudian berdoa supaya bisa kuliah di universitas terbaik, bahkan diluar Negri. Pengen bekerja kemudian berdoa supaya mudah dapat pekerjaan, bahkan bisa bekerja di luar Negri dengan pekerjaan yang bagus bukan menjadi pekerja kasar. Punya hutang kemudian berdoa supaya dilunasi hutangnya. Pengen punya rumah lalu berdoa supaya punya rumah. Pengen nikah, lalu berdoa supaya dimudahkan jodohnya (ehmm, apa kabar mblo..?' 🤭). Banyak sekali alasan kenapa kita harus berdo’a.

Mungkin ada orang yang nyinyir begini "berdo’a kok mintak dunia..".

Menurut para Ustad, kita boleh mintak apa saja sama Allah. Berdoa itu bentuk dari yakinnya kita Kepada Allah. Kita yakin masalah kita akan selesai kalo dibantu sama Allah. Kita yakin cita-cita/keinginan kita akan tercapai kalau Allah ridho dan menghendaki, makanya kita minta (berdo’a). Kalo kita sudah berdo’a, terkabul nggak terkabul doa kita itu jadi ibadah.

Oke gays, Saya tidak mau terkesan seperti penceramah disini karena ilmu agama saya masih sedikit. Alangkah baiknya kalau kamu belajar lebih lanjut pada Ustad/Kyai/Ulama dikampung/daerah kamu. Atau tonton kajian di Youtube. Seperti kajiannya Ustad Abdul Somad, Ustad Yusuf Mansur, Aa Gym, dan Ulama-Ulama lainnya.

Ilustrasi Do'a.

Kesimpulannya, boleh berdoa mintak dunia tapi dari itu juga bisa terhubung ke akhirat. Contohnya berdo'a seperti ini ; "Ya Allah, kasih saya uang banyak atau usaha/perusahaan besar, supaya dari keuntungan usaha / uang itu saya bisa bersedekah yang banyak.."

Dunia iya, tabungan akherat juga jalan.

Dunia : perusahaan/usaha/uang banyak.

Akhirat : sedekah.

--

--