I got Somethin’ Awesome with ReactJs

Andri N. R
Dekowarehouse Project
2 min readMar 6, 2018
Hasil gambar untuk react js
ReactJs

Wow… itu merupakan hal yang sering kita ucapkan ketika kita spontan terhadap sesuatu hal yang membuat kita kagum, kaget, ataupun tidak bias, dan hal itu pula yang saya rasakan ketika saya belajar mengenai ReactJs.

Ini merupakan tulisan saya yang pertama yang mengatasnamakan diri saya sendiri dalam project ini, karena pada tulisan sebelumnya mengatasnamakan satu kelompok yakni PPLA4, yuhuuu…

Tulisan kali ini akan menceritakan mengenai kegiatan saya ketika mengerjakan task pertama saya (Pada saat sprint planning, saya pilih satu task yang mau saya kerjakan) yakni belajar mengenai ReactJs. Saya akan memaparkan apa-apa saja hal luar biasa yang dapat kita peroleh dengan adanya ReactJs ini yang tentunya akan menambah pengetahuan kita nantinya. Siapa tahu salah satu pembaca ada yang tertarik untuk menggunakan Framework ini.

ReactJs itu Component-Based → Dalam pengerjaan program yang menggunakan ReactJs Framework, nantinya kita akan banyak sekali berurusan dengan yang namanya “Component”. Dimana component ini bisa dikatakan merupakan object yang kita buat. sebagaimana mirip Java yang memakai istilah Object Oriented Programming, ReactJs juga memakai istilah Component Based yang mana component tersebut bisa kita analogikan sebagai object di Java.

JavaScript dan HTML bermain bersama → Dalam ReactJs, kalian tau gak sih kalo Component yang kita buat itu dapat diisikan dengan syntax HTML loh, bayangkan deh tuh. JavaScript dan HTML bersatu padu dengan indah dalam component ini. Kamu gak percaya? nih buktinya :)

Tuh, ada component yang isinya HTML dan fungsi JavaScript

Nah heran kan kenapa bisa gitu? tumben banget bisa akur gitu, usut punya usut, ini semua berkat fitur JSX yang dipunya sama ReactJs, dimana hal ini memungkinkan kita untuk menyatukan antara HTML dan JavaScript. Makin gampang aja deh kita ngodingnya kalo ada fitur ini. hehehehe

ReactDOM is very nice → Nah ini nih yang terakhir, tanpa ReactDOM, semuanya tak akan terwujud. Karena ReactDOM inilah yang akan bekerja untuk merender JSX yang kita buat agar dapat ditampilkan oleh browser nantinya. Lagi lagi kita sangat dipermudah oleh React dalam pembuatan aplikasi web kita.

Ketiga hal diatas sedikit memberikan gambaran kepada kita bahwa ReactJs merupakan salah satu tool yang dapat membantu kita untuk membuat project kita (Dekowarehouse-project bakalan pake ReactJs juga loh).

Cukup sekian tulisan saya pada kali ini, nantikan tulisan-tulisan saya selanjutnya yang tentunya tidak akan kalah menarik dari yang saat ini di publikasikan. Bagi kalian yang ingin berkomentar silahkan berkomentar dengan bijak. Jangan lupa untuk like, clap, share, dan follow untuk saya yang lebih baik. Jika ada yang ingin di request sampaikan saja di kolom komentar.

Daaaahhhhhh..

--

--