Take a step back and reflect

Ravi Mahfunda
Design Jam Indonesia
2 min readApr 14, 2021

November akhir 2019, aku sedang dalam masa magang ku dengan project besar yg kayak nya gak bakal kelar. Waktu magang ku sisa 1 bulan tapi ini project belum keliatan ujungnya.

Restructuring dashboard — melelahkan dan njelimet. Gak cuma update tampilan tapi juga bolak balik informasi. Sebelumnya sempet ada project yg sama tapi juga mati di tengah jalan. Berbekal warisan project lalu dan benchmarking dari kompetitor aku coba rapihkan informasi ini.

Berjam-jam wireframing, ubah layout, ubah pattern masih belum nemu design yg solid. Selalu aja nemu celah.

Tujuan awalnya sederhana, misahin antara informasi umum dan spesifik di halaman yang berbeda. Cuma ternyata batas antara kedua hal ini sangat tipis. Relasi antar data pelik, bahkan dari sisi tech aja banyak limitationnya.

Rasa udah mau kelar, wireframe sudah lengap semua halaman tapi tetep ada yg kurang. Tiap halamannya gak connect dan berdiri sendiri. Gak solid. Informasinya masih terpecah.

Literally my feeling on my hexagonal desk

Aku ngestuck karna sudah hampir 1 bulan wireframing di project yg sama. Ngurusin isi kolom per table dari data yg relasinya njelimet. Sebagai anak magang aku menyerah akan keterbatasan ku, mencoba melapor ke lead.

“Kak ini aku udah bikin wireframe barunya, boleh coba cek deh”

“Hmm… yang bagian ini…. “

“Masih banyak ternyata minusnya, tapi aku udah bingung gmna revisinya.
Ada saran gak kak harus digimanain?”

“Coba kamu balik ke blockframe atau IAnya dulu deh, biar bisa puter-puter disitu dulu”

Eureka!

Dari wireframe yg udah detail, ku balikin ke kotak-kotak kerangka layout doang dan utak-atik dari situ. Jadi beberapa variasi aku present. Dapet feedback revisi lagi, sama sama revisi cuma gak harus ngurusin kolom table yg bikin pusing.

Selesai sama kerangka utama baru masuk ke detail per table dan kolomnya. Akhirnya kelar walaupun gak sempurna, tapi udah dapet jempol dari semua. Dashboard baru siap ke lanjut ke UI.

Kesimpulan

  • Detail is good, but too much detail is overwhelming
  • It's okay to revert your design to lo-fi when needed
  • Explore approaches on lo-fi, hi-fi design distract your focus.
  • When you stuck, take a step back and reflect.

After story

  • Aku selesai magang dengan bahagia, meninggalkan warisan yg cukup besar untuk level anak magang
  • Diakhir masa magang ku aku ditawarin fulltime, tapi gak lgsg ku ambil karna mau liburan dulu
  • Selisi 3 bulan, aku akhirnya join as fulltimer start dari probation
  • Dan baru saat itu daper kabar, dashboard baru kita akhirnya sudah rilis #imsoproudofmyself

--

--

Ravi Mahfunda
Design Jam Indonesia

M.24 • Product Designer • No-code Builder • Community Organizer