Thinking Design as an Iterative Processes

Ravi Mahfunda
Design Jam Indonesia
1 min readApr 18, 2021

Ketika aku mulai mendalami UX dan mempelajari metode-metodenya keluh kesah kita semua sama…

“Ini udah bener belum ya?”

Ragu apa yang kita lakuin bener sampe bingung harus gimana lagi. Banyak kasus akhirnya malah menunda progress karna muter aja di tempat buat “nyempurnain” proses.

  • Tapi saya belum bikin wireframenya dulu
  • Tapi saya belum testing
  • Tapi saya sebelumnya belum riset
  • Tapi saya belum pake design thinking
  • Tapi.. tapi.. tapi…

Sampe akhirnya ada yg nyeletuk

“Emang ada ya proses yang sempurna?”

Mindsetnya berubah, jadi lebih dinamis, jadi lebih fleksibel.

“Jangan melihat design sebagai proses yang sekali kelar, coba lihat design itu sebagai proses yg iteratif

Dalam artian

  • Kalo pun hari ini salah
  • Kalo pun hari ini ada yg ketinggalan
  • Kalo pun belum di testing

Besok masih bisa diperbaiki, itu yg disebut iteratif

So, gak perlu panik atau ngerasa bersalah saat kamu merasa proses mu belum sempurna. Itu bagian dari prosesnya.

Angkat kepalamu dan move on. Done is 100 times betters than perfect.

--

--

Ravi Mahfunda
Design Jam Indonesia

M.24 • Product Designer • No-code Builder • Community Organizer