Balinale Ajang Unjuk Gigi Para Sineas Muda Indonesia

Bali International Film Festival Merupakan Wadah Bagi Sineas Muda Untuk Memajukan Perfilman Indonesia

Bali International Film Festival jang dikenal juga dengan sebutan Balinale, tahun ini kembali digelar dan diikuti lebih dari 300 film, baik dokumenter, film pendek, maupun layar lebar yang mewakili 55 negara. Dengan tema No Boundaries (kreasi tanpa batas untuk berekspresi)

Bali International Film Festival yang didukung oleh Kementrian Pariwisata ini menjanjikan film-film yang menunjukkan dan memaparkan kekayaan dan keberagaman manusia, tempat, budaya, dan keyakinan. Para pembuat film dan artis berkesempatan untuk bertemu dan berdiskusi. Agar masyarakat umum dapat ikut berpartisipasi atau menikmati sajian film yang diputar di dalam studio, panitia rencananya akan menyiapkan layar lebar di depan gedung.

Dengan adanya layar lebar tersebut, harapannya film dapat dinikmati juga oleh masyarakat lokal dan wisatawan yang tidak punya kesempatan untuk menikmati film di dalam studio. Balinale yang sudah memasuki tahun ke-10 itu, akan melakukan pemutaran film pada tanggal 24–30 september 2016 di Cinemaxx Lippo Mal, Kuta, Bali.

Dan akan dilakukan Road to Balinale (educational roadshow) bersama dengan Indonesia National Student Company Competition untuk mengawali puncak acara. Balinale juga menyelenggarakan eksibisi, sebagai tuan rumah lokakarya mengenai karier dalam film yang meliputi banyak industri kreatif dan peluang di bidang fashion, satra, musik, teknologi, seni, desain, dll yang melibatkan lebih dari 360 kompetitor dan networking. Acara itu akan memberikan siswa sebuah platform untuk mengekspos permulaan dan usaha kecil, menjual barang-barang mereka, dan menghadiri lokakarya serta seminar tentang bisnis dan pemasaran.

Balinale 2016 - 1

Selama ini, Balinale juga aktif berpartisipasi dan memberikan kontribusi untuk kegiatan industri film lainnya yang berkembang serta afiliasi otion Picture Association, Asia Pacific Screen Awards (Brisbane, Australia), ASEAN International Film Festival & Awards (Kuching, Malaysia), Asian Film Commissions Network (20 member countries), American Film Showcase and Sundance Institute’s Film Forward.

Didirikan semenjak tahun 2007, dalam perjalanannya Balinale menyajikan dunia premieres, People Choice Awards, industri film forum dan serangkaian program pendidikan yang dilakukan oleh pemenang penghargaan pembuat film, dengan Open Air Cinema gratis. Balinale mengundang para pembuat film asing mengakomodasi budaya dan beragam lokasi untuk proyek film. Selain Kementrian Pariwisata Indonesia, festival tersebut didukung Gubernur Bali, bupati Badung, serta Kementrian Industri, Pendidikan dan Kebudayaan.

Akan ada banyak sekali kejutan yang berlangsung pada acara pemutaran film tersebut, mari kita dukung dan hargai karya kreativitas anak negeri. (Alb.)


Originally published at Destinasi Indonesia.